Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

128. Asuhan Keperawatan Gangguan Sistem Hematologi Dengan Diagnosa Dengue Hemoragic Fever (Dhf) Pada An “A” Di Ruang Perawatan Anak Rsud. H. Padjonga

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah  
Demam berdarah dengue (DBD) merupakan penyakit infeksi oleh virus dengue yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat dan perhatian internasional. DBD pertama kali terjadi di dunia pada tahun 1780-an yang terjadi serentak di Asia, Afrika dan Amerika Utara terdapat sekitar 100 negara yang saat ini berstatus endemik DBD dan 40 % populasi atau sekitar 2,5 milyar orang beresiko terkena DBD karena berada di wilayah tropis dan subtropis (Widyanto dkk, 2013).
Menurut WHO (2009) Penyakit demam berdarah dengue paling banyak menyerang anak – anak rata – rata 5 % dan 500 ribu diantaranya membutuhkan perawatan intensif. Dan setiap tahunnya dilaporkan sebanyak 21.000 anak meninggal (Sorwono dkk, 2009) 
Di Indonesia DBD pertama kali di temukan di Surabaya pada tahun 1968, dengan jumlah kasus sebayak 58 orang dengan 24 orang meninggal diantaranya. DBD menyebar dari surabaya ke barbagai daerah sampai tahun 1980. Kejadian luar biasa terjadi pada tahun 1980 dengan angka kesakitan sebesar 35.19 per 100.000 penduduk dan angka kematian sebesar 2 %  pada tahu 2008 angka kematian di Indonesia tercatat sebanyak 135.871 kasus. Sedangkan pada tahun yang sama di provinsi Jawa Barat tercatat sebanyak 23.248 kasus DBD (Widyanto dkk, 2013). 
Di Indonesia sendiri menjelaskan bahwa kasus DBD pada tahun 2007 yang tertinggi adalah di provinsi Jawa Tengah dengan 24.069 kasus dan 335 meninggal masyarakat Indonesia sendiri khususnya yang tinggal di daerah perkotaan hanya sedikit yang melaksanakan program 3M (menguras, mengubur, menutup) oleh karena jumlah penduduk yang cukup padat sehingga sangat terbatasnya akses air bersih serta tidak adanya tempat adanya mengubur barang – barang bekas. Penyakit DBD sudah terjadi sampai kewilayah terkecil sekalipun hingga berbagai Kecamatan maupun Kabupaten (Sorwono dkk, 2009). 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi