Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pengaruh Pengelolaan Pembelajaran Yang Efektif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Man Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar

ABSTRAK

Andi Rostina , NIM: 28 19 2193 “Pengaruh PengelolaanPembelajaran Yang Efektif Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di MAN Bontoharu Kabupaten Kepulauan Selayar” (dibimbing oleh AmirahMawardi, S.Ag, M.Si dan Dra. St. Rajiah Rusydi).

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pengelolaanpembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Faktor yangmenjadi penghambat pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkanprestasi belajar siswa. Serta usaha yang dilakukan dalam mengatasikendala pengelolaan pembelajaran efektif dalam meningkatkan prestasibelajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri Bontoharu Kabupaten KepulauanSelayar.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field research), yakni peneliti langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh data yang konkrit yang ada hubungannya dengan masalah yang akan dibahas. Metode digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif, yaitu sumber dari wawancara, angket, observasi dan dokumentasi, guna memperoleh sesuatu kesimpulan yang betul-betul akurat dan dapat dipertanggung jawabkan. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran berpengaruh dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Dari 40 responden, 32% yang menyatakan bahwa sangat berpengaruh, 51 % yang menyatakan berpengaruh 17 % yang menyatakan kurang berpengaruh. Hasil wawancara  bahwa efektifnya pengelolaan pembelajaran ini terlihat dari metode guru yang menggunakan prinsip pengulangan, prinsip mengajar siswa belajar dan ada pula menggunakan prinsip sosialisasi dan pengelompokan siswa berdasarkan hasil belajar. Faktor yang menjadi penghambat pengelolaan pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu kurangnya buku pendukung, kurang minat siswa dalam belajar serta kurangnya perhatian orang tua sehingga siswa kurang memperhatikan pelajaran, serta masih ada beberapa siswa tidak belajar di rumah. Usaha yang dilakukan yaitu guru selalu berusaha memberikan variasi dalam mengajar agar siswa dapat meningkatkan minatnya dalam belajar dan memberi motivasi serta guru harus mampu menciptakan lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan tertib, optimisme dan harapan yang tinggi dari seluruh warga sekolah, kesehatan sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang terpusat pada siswa, agar dapat memberikan inspirasi, membangkitkan nafsu, gairah dan semangat belajar sehingga prestasi belajar dapat meningkat. 

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi