Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Tata Kelola Konflik Antar Kelompok Pemuda (Studi Kasus Di Jalan Kandea) Kota Makassar

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang
konflik menjadi fenomena yang paling sering muncul karena konflik selalu menjadi bagian hidup manusia yang bersosial dan berpolitik serta menjadi pendorong dalamdinamika dan perubahan sosial-politik. Konflik memilki  dampak positif dan  dampak negatif.  Dampak positif dari  konflik sosial adalah konflik tersebut menfasilitasi tercapainya rekonsiliasi atas berbagai kepentingan. Kebanyakan konflik tidak berakhir dengan kemenangan disalah satu pihak dan kekalahan dipihak lainnya. Konflik  yang terjadi di indonesia, ada juga yang dapat diselesaikan dengan baik hingga berdampak baik bagi kemajuan dan perubahan masyarakat, akan tetapi ada beberapa konflik justru berdampak negatif hingga mengakibatkan timbulnya kerusakan, menciptakanh ketidakstabilan, ketidakharmonisan, dan ketidakamanan bahkan sampai mengakibatkan jatuhnya korban jiwa. Dewasa ini konflik sering terjadi diberbagai elemen masyarakat, Hal demikian dikarenakan berbagai latar belakang kebudayaan dan status sosial ekonomi. Konflik yang sering muncul dilatar belakangi oleh berbagai kepentingan antara kelompok tertentu dan membuat ketidakstabilan di dalam tatanan kehidupan masyarakat yang berkonflik. Coser (dalam Susan, 2010:60).
Konflik sering muncul pada skala yang berbeda seperti konflik antar individu (interpersonal conflict), konflik antar kelompok (Intergroup conflict), konflik antar kelompok dengan negara (vertical conflict), konflik antar Negara (intestate conflict), setiap skala memiliki latar belakang dan arah perkembangannya.  Masyarakat  di  dunia  pada  dasarnya  memiliki  sejarah konflik dala skala antar perorangan sampai antar negara. Konflik yang bisa dikelola secara arif dan bijaksana akan mendominasi proses sosial dan bersifat konstruktif bagi perubahan sosial masyarakat dan tidak menghadirkan kekerasan. Pada catatan sejarah masyarakat dunia, konflik sering diikuti oleh bentuk-bentuk kekerasan, seperti perang dan pembantaian (susan 2009:9).
Menurut Wiese dan Becker (1989:86)  Adapun  latar belakang  yang menyebabkan konflik yaitu: 1).perbedaan individu yang meliputi perbedaan pendirian  dan  perasaan.setiap  manusia  adalah  individu  yang  unik,artinya setiap orang memiliki pendirian dan perasaan yang berbeda-beda satu dengan lainnya.perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani hubungan sosial, seseorang tidak selalu jalan dengan kelompoknya.
2).perbedaan latar belakang kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda.seseorang sedikit banyak akan terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya. Pemikiran dan pendirian itu pada akhirnya akan menghasilkan perbedaan individu yang dapat memicu konflik.
3).perbedaan kepentingan antara individu dan kelompok. Manusia memiliki perasaan, pendirian maupun latar belakang kebudayaan yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan,masing-masing orang atau kelompok memiliki  kepentingan  yang  berbeda-beda.kadang-kadang  orang  bisa melakukan   hal   yang   sama   tetapi   dengan   tujuan   yang   berbeda-beda.
4).perubahan-perubahan nilai yang cepat dan mendadak dalam masyarakat.perubahan adalah suatu lazim dan wajar terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau bahkan mendadak, perubahan tersebut akan memicu terjadinya konflik   sosial. Konflik berarti persepsi mengenai perbedaan kepentingan atau suatu kepercayaan  bahwa aspirasi pihak-pihak yang berkonflik tidak dapat dicapai secara simultan.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi