Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

105. Asuhan Kebidanan Ny. “S” Kehamilan 24–26 Minggu Dengan Anemia Ringan Di Puskesmas Kassi-Kassi Makassar

BAB I 
PENDAHULUAN
A.  Latar belakang masalah
Sebagian besar perempuan mengalami anemia selama kehamilan,  baik  di  negara  maju maupun  di negara  berkembang. Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memperkirakan bahwa 35-75 % ibu hamil di negara berkembang dan 18 % ibu hamil di negara maju mengalami anemia. Namun, banyak diantara mereka yang telah menderita anemia pada saat konsepsi, dengan perkiraan sebesar 43 % pada perempuan yang tidak hamil di negara berkembang dan 12 % di negara yang lebih maju (Prawirohardjo. 2008 : 777).
Anemia adalah suatu kondisi medis di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin kurang dari normal. Biasanya selama kehamilan, terjadi hyperplasia erytrocid dari sumsum tulang. Namun peningkatan yang tidak proporsional dalam hasil volume plasma menyebabkan pengenceran darah (hemodelusi ) (Proverawati. 2011 : 127).
Penyebab anemia tersering adalah defisiensi zat-zat nutrisi, seperti kekurangan zat besi karena kurang mengkonsumsi sayuran hijau, susu, atau daging. Seringkali defisiensinya bersifat multipel dengan manifestasi klinik yang disertai infeksi, gizi buruk. Sekitar 75% anemia  dalam  kehamilan disebabkan  oleh  defisiensi  besi  yang memperlihatkan gambaran eritrosit mikrositik hipokrom (Prawirohardjo 2008: 777)
Menurut Proverawati (2011:135) anemia meningkatkan  risiko kelahiran prematur dan infeksi ibu masa nifas. Dan menurut Manuaba (2008:38) pengaruh anemia terhadap kehamilan dapat terjadi abortus, persalinan prematur, hambatan tumbuh kembang janin dalam rahim, mudah terjadi infeksi, ancaman dekompensasi kordis, hiperemesis gravidarum, perdarahan antepartum, dan ketuban pecah dini. Di Indonesia prevalensi anemia cukup tinggi yaitu 28 % - 52 % penderita (Pudiastuti 2012 : 199). Sedangkan, menurut catatan dan perhitungan Departemen Kesehatan RI di Indonesia sekitar 67 % ibu hamil mengalami anemia dalam berbagai jenjang ( Manuaba. 2008 : 38 ).
Anemia dalam kehamilan patut diwaspadai karena menjadi penyebab potensial terjadinya morbiditas ( kesakitan ) dan mortalitas ( kematian ) ibu dan janin. Hal ini terlihat dari angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi ( AKB ) di Indonesia masih tinggi. Menurut Data Survei Demografi Kesehatan Indonesia ( SDKI ) 2007, AKI di Indonesia adalah 228 / 100.000 kelahiran hidup, AKB 34 / 1000 kelahiran hidup. Berdasarkan data yang didapatkan dari medical record di Puskesmas Kassi-Kassi Makassar pada 6 bulan terakhir dari Januari sampai Juni 2012, tercatat 34 orang ( 6, 03 % ) dari 563 ibu hamil yang memeriksakan diri,yang terdiri dari: anemia ringan 32 orang ( 5, 68% ), anemia sedang 2 orang ( 0, 35% ), anemia berat 0 orang ( 0 %).
Penanggulangan  anemia terutama  untuk wanita  hamil  dapat dilakukan dengan menganjurkan untuk makan makanan yang banyak mengandung zat besi seperti sayuran hijau, daging, dan susu. Serta mengkonsumsi tablet tambah darah sehari 1 tablet / minimal 90 tablet selama hamil (Pudiastuti. 2012 : 200).
Berdasarkan  uraian  di  atas,  masih  banyak  kejadian  anemia pada ibu hamil sehingga mendorong penulis untuk mengkaji permasalahan dan memaparkannya lewat karya tulis ilmiah sebagai wujud perhatian dan tanggung jawab penulis dalam memberikan konstribusi pemikiran pada berbagai pihak yang berkompeten dengan masalah tersebut guna mencari solusi terbaik atas permasalahan diatas.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi