Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

74. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produksi Dan Pendapatan Usaha Mikro Dan Kecil (Studi Kasus Industri Sepatu Di Desa Sukaluyu Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor)

BAB I          
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Salah satu masalah yang dihadapi Indonesia dalam melaksanakan pembangunan adalah tingkat pengangguran yang tinggi dan rendahnya jumlah kesempatan  kerja.  Sampai  saat ini,  pertanian merupakan  sektor  usaha  yang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang relatif besar. Pada tahun 2007, jumlah tenaga kerja yang terserap pada sektor pertanian dalam berbagai skala usaha mencapai 42 juta orang atau sekitar 45 persen dari total angkatan kerja (BPS, 2008). Namun, produktivitas yang rendah, sempitnya lahan garapan, dan terjadinya alih penggunaan lahan pertanian ke non pertanian menyebabkan penambahan tenaga kerja di sektor pertanian menjadi tidak efektif.
Di satu sisi penduduk yang memasuki usia kerja dan yang memerlukan pekerjaan jumlahnya semakin meningkat, sedangkan di lain pihak jumlah pertumbuhan lapangan kerja menunjukkan perkembangan yang relatif kecil. Ketidakseimbangan ini menyebabkan terjadinya tingkat pengangguran yang semakin tinggi (BPS, 2008). Untuk mengatasi masalah tersebut berbagai upaya dilakukan diantaranya dengan menggalakkan sektor non pertanian. Upaya-upaya yang sedang dilakukan untuk meningkatkan perkembangan usaha non pertanian diantaranya adalah melalui pengembangan kebijakan kredit, penyuluhan, dan pagelaran produk usaha non pertanian serta berbagai promosi yang disandingkan dengan program pariwisata. Upaya tersebut diharapkan mampu memberikan kesempatan kepada pengusaha   non   pertanian,   khususnya   Usaha   Mikro,   Kecil   dan   Menengah (UMKM)  dalam  mengembangkan  usahanya  sehingga  dapat  menyerap  tenaga kerja dan mampu mengurangi pengangguran.
UMKM akhir-akhir ini menjadi fokus dan perhatian pemerintah dalam mengembangkan sektor riil pertumbuhan dan pembangunan ekonomi Indonesia dengan dikeluarkannya Undang Undang No. 6 tahun 2007. Undang undang ini berisi tentang kebijakan pembangunan sektor riil dengan melaksanakan program percepatan pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan UMKM. Kesadaran ini terbentuk atas sebuah fakta bahwa UMKM merupakan sektor usaha yang mempunyai daya tahan tangguh menghadapi goncangan ekonomi dan penyedia lapangan  kerja terbesar disamping  juga  masih  menghadapi  banyak  hambatan untuk berkembang (Suhariyanto, 2007). Keberadaan UMKM memberikan peran serta dalam pertumbuhan dan pembangunan ekonomi dalam negeri. Kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) UMKM mencapai 53 persen dan rata-rata 3,37 persen terhadap pertumbuhan PDB nasional. Selain itu UMKM juga memberikan peran serta terhadap penyediaan lapangan kerja hingga mencapai 98 persen dari seluruh unit usaha yang berdiri di Indonesia. Maka dari itu dapat dikatakan bahwa pembangunan yang nyata dan berdampak pada kesejahteraan rakyat adalah dengan membantu dan memfasilitasi UMKM agar tetap eksis dan mengembangkan skala usahanya.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi