Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

8. Peranan Dinas Pasar Terhadap Pelayanan Publik dalam Penataan Pasar Tradisional di Deli Tua Kabupaten Deli Serdang

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Di dalam pasar terjadi suatu aktivitas  interaksi  sosial dan transaksi  jual beli antar penjual dan pembeli. Pasar mempunyai fungsi yang sangat penting bagi setiap  orang  untuk  memenuhi kebutuhan.  Selain  itu fungsi  pasar  adalah  untuk berekreasi,   membuka   lapangan   pekerjaan   dan berbelanja.   Pada   mulanya masyarakat hanya mengenal pasar tradisional sebelum berdirinya pasar modern. Sesuai dengan perkembangan  zaman yang begitu pesat maka muncullah  pasar- pasar modern. Munculnya pasar modern ini menjadi suatu ancaman eksternal bagi pedagang  tradisional yang dapat  merubah  perilaku  masyarakat  yang beralih  ke pasar modern.
Banyak   pasar-pasar   tradisional   di   Indonesia   yang   terkesan   kumuh, semrawut,   kotor, bau dan  menjadi   sumber   kemacetan   lalu  lintas.   Hal  ini disebabkan karena penataan pasar tradisional kurang diperhatikan atau dibiarkan begitu saja, kemudian terbatasnya lahan membuat para pedagang harus berjualan di badan  pasar  dan  pinggiran  jalan  masuk  pasar  tradisional, manajemen pasar yang tidak efektif dan perilaku pedagang atau budaya masyarakat. Berbeda halnya dengan kasus di bawah ini,
“Salah satu contoh pasar tradisional yang telah menerapkan konsep manajemen  modern adalah Pasar  Tradisional  di  Bumi  Serpong  Damai (BSD), Tangerang. Pasar ini layak menjadi acuan bagi pengembangan dan pembenahan pasar tradisional di Indonesia karena pengelolaannya sangat profesional meski dilakukan pihak swasta. Kebersihan, keamanan serta keteraturan dan kedisiplinan pedagang menjadi fokus utama dari pengelola pasar dengan tetap mempertahankan karakteritik pasar tradisional (tawar menawar). Konsep pasar tradisional dengan manajemen modern ini telah berhasil menampilkan pasar tradisional yang menyerupai mal, supermarket atau swalayan dari aspek kebersihan dan kerapiannya. Pasar tradisional ini berada di dalam bengunan beratap dan berlantai keramik serta tempatnya di  dalam  gedung  pertokoan.  Pada  bagian  depan  bangunan merupakan toko-toko modern seperti restoran, kontor dan butik/toko pakaian sehingga bangunan pasar   terlihat bersih   dan   menarik   dari   luar”.   (E-Journal Graduate  Unpar,  S2 Konsep Manajemen  Modern di Pasar  Tradisional Bumi Serpong Damai,. Vol 1, No. 2 (2014)
Konsep manajemen modern yang diterapkan di pasar tradisional Bumi Serpong  Damai (BSD) Tangerang  ini berjalan  secara efektif dan telah berhasil diimplementasikan. Konsep manajemen modern tersebut merupakan strategi pemerintah untuk memberi pelayanan yang optimal kepada masyarakat (pedagang dan  pembeli/pengunjung)  agar  mampu  memperbaiki  atau membenahi keadaan fisik pasar tradisional yang selama ini terkesan buruk. Dengan demikian, pembeli/pengunjung merasa betah berada di dalam Pasar Tradisional BSD Tangerang, seperti halnya pasar modern yang terkesan aman, nyaman dan rapi. Dengan penerapan dan implementasi pemerintah Bumi Serpong Damai (BSD) menggunakan manajemen modern tersebut dapat mempertahankan pembeli/pengunjung   untuk   merasa   nyaman   dan   aman   berbelanja   di   pasar tradisional.  Oleh karena itu, konsep ini dapat diimplementasikan  di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi