Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II MI

ABSTRAK

Karakteristik pelajaran  Matematika yang abstrak menyebabkan kendala bagi siswa kelas II MI/SD dalam memahami materi yang diajarkan, karena secara kognitif mereka masih dalam taraf perkembangan operasional konkret. Selain itu kurangnya motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Dalam materi perkalian ini peneliti menggunakan penerapan pendekatan realistic sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan matematika realistik ini diharapkan dapat memotivasi siswa dan menjadikan kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan. Sehingga siswa lebih mudah memahami konsep matematika yang abstrak. Pendekatan realistik adalah suatu pendekatan yang digunakan dalam suatu pembelajaran dengan menggunakan masalah sehari-hari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka. Konsep belajar yang membantu guru menghubungkan antara materi pelajaran yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendekatan matematika realistik dalam meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas II MI Roudlotul’Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar dengan penerapan pendekatan realistik pada materi perkalian siswa kelas II MI Roudlotul’Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian dalam hal ini adalah: 1) Untuk menjelaskan penerapan pendekatan matemtika realistik dalam meningkatkan hasil belajar pada materi perkalian siswa kelas II di MI Roudlotil’Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung dan 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan matematika  realistik  pada  materi  perkalian  kelas  II  di  MI Roudlotul’Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menerapkan penelitian tindakan kelas. Adapun tekhnik pengumpulan   datanya   menggunakan   tes,   observasi,   dokumentasi,   catatan lapangan, dan wawancara. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas II MI Roudlotul’ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungagung. Sedangkan observasi, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang pembelajaran Matematika, respon siswa, keadaan siswa, guru dan karyawan, serta sejarah, sarana dan prasarana sekolah.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  realistik  yaitu  cara menerapkannya dengan melaksanakan lima karakteristik, yaitu: penggunaan masalah kontekstual, penggunaan model, kontribusi siswa, interaksi siswa, dan keterkaitan materi dengan konsep lain. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil tes menunjukan adanya peningkatan ketuntasan hasil belajar, mulai dari pre tes sebanyak 50% masuk dalam kategori kurang dengan rata-rata kelas 69,03%, pada siklus I sebanyak 69,23% masuk dalam kategori kurang dengan rata-rata kelas 73,84% dan pada siklus II sebanyak 88,46% berubah menjadi baik dengan rata-rata kelas 80%. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan penerapan pendekatan   realistik   akhirnya   dapat   disimpulkan   bahwa   langkah-langkah penerapan pendekatan realistik dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Roudlotul’Ulum Jabalsari Sumbergempol Tulungangung terhadap materi perkalian.

Kata kunci : Pendekatan Matematika Realistik, Hasil belajar
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi