Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

10. Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Perkembangan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 9 Purworejo

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional dan perkembangan sosial siswa, serta untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keduanya.  Penelitian  dilaksanakan di SMP  Negeri  9  Purworejo  tahun  ajaran 2015/2016 pada tanggal 15 oktober – 16 oktober 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kecerdasan emosional siswa dan variable terikatnya yaitu perkembangan sosial. Populasi dalam penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Purworejo sebanyak 192 siswa. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa yang ditentukan dengan  teknik  simple  random sampling.  Instrumen  pengumpulan  data  dalam penelitian ini menggunakan skala psikologi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi.
Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan emosional siswa sebesar 41,34% dengan criteria rendah dan tingkat perkembangan sosial siswa sebesar 42,02% dengan criteria rendah. Dari hasil uji korelasi diperoleh rhitung sebesar 0,527 dan rtabel sebesar 0,284 (N=48). Karena nilai rhitung > rtabel sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.  Koefisien korelasi sebesar 0,527 jika dikonversikan termasuk dalam interval 0,40 sampai dengan 0,60 dan termasuk dalam kategori agak rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan perkembangan sosial siswa kelas VIII di SMP Negeri 9 Purworejo tahun pelajaran 2015/2016. Saran bagi  Sekolah SMP  N 09  Purworejo,  untuk  memahami  kemampuan perkembangan  peserta didik dengan  baik,  sehingga  perkembangan  sosial  dan kecerdasan emosional siswa dapat ditingkatkan dengan optimal, Bagi Guru BK di SMP Negeri 09 Purworejo, untuk lebih membimbing siswa dengan pendekatan yang ada di dalam bimbingan dan konseling. Hal ini disesuaikan dengan Perkembangan emosional serta perkembangan sosial siswa perlu ditingkatkan ke arah yang lebih baik.

Kata Kunci: Hubungan; Kecerdasan Emosional; PerkembanganSosial
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi