Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

215. Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Jawa Untuk Menanamkan Nilai Cinta Budaya Pada Anak Di Sd Antonius 01 Semarang.

ABSTRAK

Cinta budaya merupakan bagian dari salah satu karakter anak bangsa yaitu cinta tanah air. Tiap orang diharapkan memiliki nilai cinta budaya karena tiap orang dalam suatu bangsa bertanggungjawab pada kelestarian budaya bangsanya sendiri. Nilai cinta budaya hendaknya ditanamkan pada dalam diri anak-anak. Salah satu kegiatan penanaman nilai cinta budaya dapat melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan   jawa.   Tujuan   dari   penelitian   ini   adalah   untuk mengetahui  peran  kegiatan ekstrakurikuler  karawitan  jawa  untuk  menanmkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01 Semarang.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   kualitatif   dengan   metode deskriptif. Lokasi penelitian di SD Antonius 01 dengan 21 sampel siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa dan peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa untuk menanamkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, catatan lapangan, angket, dan dokumentasi. Penganalisan data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji triangulasi data.
Berdasarkan berdasarkan penelitian yang dilakukan, Kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa memiliki peran dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak karena dapat mencapai rata-rata skor indikator 17 dengan persentase 85% atau dengan kriteria sangat baik. Bentuk nilai cinta budaya pada anak juga berbanding lurus dengan skor peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa, sehingga menunjukan peran kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak.
Simpulan hasil penelitian adalah, kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa sangat berperan dalam menanamkan nilai cinta budaya pada anak di SD Antonius 01. Saran dalam penelitian ini adalah bagi guru hendaknya dapat menarik minat siswa untuk mengikuti ekstrakurikuler karawitan jawa, bagi sekolah agar untuk terus mempertahankan kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa, dan bagi siswa adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler karawitan jawa ini siswa dapat mengembangkan kemampuan bermain gamelan.

Kata Kunci: Cinta Budaya, Ekstrakurikuler, Karawitan Jawa.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi