Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

221. Pelaksanaan Keterampilan Bertanya Pada Pembelajaran Ips Kelas Iv Di Sd Gugus Plangkawati Kota Semarang.

ABSTRAK

Latar belakang penelitian ini adalah pelaksanaan keterampilan bertanya belum maksimal, beberapa komponen keterampilan bertanya belum dilaksanakan oleh guru. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang? Bagaimana respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di lima SD yang masuk kedalam Gugus Plangkawati Kota Semarang meliputi SDN Pudakpayung 01, SDN Pudakpayung 02, SDN Gedawang 01, SDN Gedawang 02 dan SDI Fitra Bhakti. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru dan siswa kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang, sedangkan sampelnya adalah guru dan dua siswa kelas IV di lima SD yang masuk dalam Gugus Plangkawati.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV dikategorikan sangat baik di SDN Pudakpayung 01 dengan persentase 91,7%, SDN Pudakpayung 02 dengan persentase 84,7%, SDN Gedawang 02 dengan persentase 88,9%. Kategori baik diperoleh SDN Gedawang 01 dengan persentase 75%, dan SDI Fitra Bhakti dengan persentase 66,7%. Respon siswa terhadap pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS yaitu siswa selalu menjawab pertanyaan dari guru.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan keterampilan bertanya pada pembelajaran IPS kelas IV di SD Gugus Plangkawati Kota Semarang termasuk kedalam kategori sangat baik dengan persentase 81,4%. Respon siswa yaitu siswa selalu menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh guru. Saran dari peneliti yaitu hendaknya guru memahami komponen-komponen keterampilan bertanya, siswa hendaknya memperhatikan materi  yang disampaikan  oleh  guru  agar  dapat  menjawab  pertanyaan  dengan benar, serta bagi sekolah hendaknya mengadakan evaluasi kinerja guru.

Kata kunci: pelaksanaan, keterampilan, bertanya, IPS.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi