Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

52. Sikap Gereja Kristen Protestan Jawa Barat (GKP Jabar) terhadap Fenomena Kawin Kontrak di Puncak Bogor

ABSTRAK

Derasnya arus perkembangan zaman membuat gereja harus bergegas agar tidak ketinggalan. Gereja Kristen Protestan Jawa Barat (GKP JABAR) Jemaat Oikoumene Cisarua adalah gereja yang harus menghadapi salah satu akibat dari perubahan-perubahan yang terjadi. Hal tersebut adalah praktik kawin kontrak yang berlangsung di kawasan Puncak Bogor. Bagaimana sikap Gereja Kristen Protestan Jawa Barat (GKP JABAR) Jemaat Oikoumene Cisarua menanggapi fenomena kawin kontrak yang terjadi di Puncak Bogor? Untuk menjawab pertanyaan demikian maka penelitian ini dilakukan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode ini digunakan untuk menganalisa konteks kehidupan masyarakat dan bagaimana posisi gereja di tengah-tengah kehidupan masyarakat yang ada di Bogor. Teknik pengambilan datanya dilakukan melalui wawancara mendalam dan observasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa GKP JABAR Jemaat Oikoumene Cisarua belum menanggapi praktik kawin kontrak yang ada di Puncak Bogor secara serius. Gereja menganggap hal ini merupakan perkara yang ada di luar tembok gereja. Gereja harusnya sadar bahwa ia diutus ke dalam dunia untuk menyampaikan kabar keselamatan bagi semua orang, mereka yang percaya ataupun tidak. Dalam kehidupannya di tengah-tengah masyarakat, gereja memiliki otoritas kenabian. Gereja memiliki tugas untuk menyuarakan suara kenabiannya dengan menjelaskan bahwa praktik kawin kontrak ini memiliki dampak yang besar. Setiap individu yang mengambil pilihan untuk melakukan praktik kawin kontrak harus mampu untuk memikirkan secara matang, berdasarkan pertimbangan etis dan moral, apakah keputusan mereka ini membawa dampak yang baik atau buruk bagi masyarakat luas. Seringkali gereja terjebak dalam pola pemikiran tradisional yang bersikap eksklusif. Gereja perlu mentransformasi tugas panggilannya di dunia ini sesuai dengan konteks kehidupan masyarakatnya. Gereja tidak berada di dunia ini hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Gereja perlu menyadari bahwa, seperti yang dikatakan oleh Bonhoeffer, gereja adalah gereja apabila ia hadir untuk orang lain.

Kata Kunci: GKP JABAR Jemaat Oikoumene Cisarua, tugas panggilan gereja, otoritas kenabian.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi