Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

108. Hubungan Pola Asuh Autoritatif Dengan Kemandirian Anak Taman Kanak-Kanak

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar hubungan pola asuh autoritatif dengan kemandirian pada anak Taman Kanak-kanak di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Kemandirian penting untuk diteliti karena beberapa anak TK di Desa Banjararum belum menunjukkan kemandirian. Selain itu, sikap anak usia dini masih dipengaruhi oleh orangtua, sehingga pola asuh autoritatif orangtua mempengaruhi kemandirian anak.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel yang diteliti adalah 158 anak dan 158 ibu dari anak tersebut. Pengambilan data dilakukan dengan teknik nontes yaitu menggunakan kuesioner. Kuesioner kemandirian anak diisi oleh guru kelas dan kuesioner pola asuh autoritatif diisi oleh orangtua. Sebelum digunakan, instrumen diuji dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Untuk kemandirian diperoleh 28 item yang valid dan reliabilitas sebesar 0,747, sedangkan untuk pola asuh diperoleh 31 item yang valid dan reliabilitasnya sebesar 0,739.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment untuk pengujian hipotesis.
Di dalam penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara pola asuh autoritatif dengan kemandirian anak Taman Kanak-kanak di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis yang menghasilkan rhitung sebesar 0,490. Hasil tersebut lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yang bernilai 0,155. Besarnya sumbangan efektif pola asuh autoritatif terhadap kemandirian anak TK di Desa Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kulon Progo adalah r2 x 100% yaitu 24,01%.

Kata kunci: pola asuh autoritatif, kemandirian, anak TK 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi