Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii

ABSTRAK

Keterampilan berbicara dan membaca adalah keterampilan berbahasa Arab yang bersifat reseptif dan produktif. Penguasaan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Sehingga, guru harus menerapkan model pembelajaran reflective teaching sebagai bentuk inovasi baru dalam menarik minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?, dan 2) Apakah model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Reflective Teaching dan untuk mengetahui efektivitas model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak.
Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen (true experiment design) dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes berbicara dan tes uraian. Sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah angket tertutup.
Berdasarkan data penelitian yang didapatkan, 21.21% siswa beranggapan bahwa penerapan model pembelajaran Reflective Teaching sangat cocok dan bisa membantu dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan 78.79% siswa beranggapan  bahwa  model  pembelajaran  Reflective Teaching  perlu  diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dari hasil nilai rata-rata keterampilan berbicara pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 3.12 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 4.15. Sedangkan keterampilan membaca pada kelas kontrol terjadi penurunan sebesar 4.57 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 1.21. Diperoleh thitung 1.25 dan ttabel 0.68, karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hipotesis yang yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha  karena thitung  > ttabel  yaitu “Model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab”. 

Kata kunci: Model Reflective Teaching, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi