Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

11. Konsep manusia menurut Plato (relevansinya dengan ajaran Islam)

ABSTRAKSI

Plato merupakan seorang tokoh sofis Yunani yg profesional, ahli tentang manusia, memiliki daya analisa dan spekulatif. Ketika itu Yunani menyembah para dewa, namun dalam kehidupan atau agama itu hanyalah suatu kehidupan yg naif,  karena acuh  terhadap  perilaku  etis.  Dari  situlah Plato mulai  mengecam. Karena  hakikat  tujuan  hidup  adalah  kebahagiaan,  namun  bukanlah  pemuasan nafsu semata. Harus melihat kedua dunia, yaitu inderawi dan ide. Namun bagi Plato yg hakiki adalah dunia ide. inderawi hanyalah bayangan.
Penelitian  ini  terfokus pada  dua  pemikiran,  yaitu  pemikiran  Plato  dan Ajaran Islam. Salah satu pemikiran Plato yaitu tentang manusia, konsep manusia dalam pandangan Plato adalah berlandaskan bukti inderawi dan akal dalam pemikirannya. Dasar manusia menurut Plato adalah jiwa dan raga, Menurut Plato, manusia adalah makhluk ganda. Manusia memiliki tubuh yang "berubah", yang tidak terpisahkan dengan dunia indera, dan tunduk pada takdir yang sama seperti segala sesuatu yang lain di dunia ini.
Kedua pemikiran tersebut, ketika diteliti tentunya ditemukan kesamaan dan perbedaan, ini dikarenakan ada perbedaan dalam landasan berfikir mereka, serta tempat dan waktu yang berbeda juga ikut berperan dalam mempengaruhinya. Persamaannya yaitu, manusia adalah makhluk Tuhan yang paling mulia dan sempurna di antara makhluk-makhluk lainnya, karena manusia dianugrahi Allah berupa jiwa (akliah) dan raga.   Sedangkan perbedaannya adalah landasan yang dipakai Plato dan Ajaran Islam dalam mengkriteriakan manusia, bagaimana agar menjadi manusia yang mulia? Keduanya sama menjawab Jiwa (akliah), namun akan   menjadi   beda   jika   metode   yang   mereka gunakan   berbeda.   Plato menggunakan metode rasional dan inderawi, sedangkan Ajaran Islam menggunakan metode keimanan yang berlandaskan (al-Quran dan Hadis).
Persoalan pokok yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana pengertian manusia, bagaimana konsep manusia menurut Plato, Bagaimana relevansi konsep manusia menurut Plato dengan Ajaran Islam. Maksud dan tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana konsep manusia Plato dan relevansinya  dengan  Ajaran  Islam.  Secara  umum  keinginan  penelitian  ini bertujuan untuk mengembangkan keilmuan khususnya dalam hal keilmuan kefilsafatan.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi