Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

111. Rancang Bangun Alat Pengukur Suhu Tanah Sebagai Alat Bantu Penentu Benih Sayuran Yang Akan Dibudidayakan

ABSTRAK

Sayuran merupakan bahan makanan yang memiliki sumber gizi tinggi. Sayuran yang baik adalah sayuran yang tumbuh secara optimal yang dipengaruhi beberapa faktor salah satunya adalah suhu tanah. Untuk tumbuh optimal benih sayuran harus ditanam di tempat yang suhu tanahnya sesuai dengan yang dibutuhkan  benih  sayuran.  Untuk  dapat  membantu  dalam  penanaman  benih sayuran dirancanglah alat pengukur suhu  tanah  untuk dapat membantu  dalam penentuan benih sayuran yang akan ditanam di suatu tempat.
Tujuan penelitian ini adalah merancang alat pengukur suhu dengan menggunakan mikrokontroler ATMega328, sensor LM35 sebagai sensor suhu dan Modul Micro SD Card Adapter sebagai Datalogger yang menyimpan hasil pengukuran suhu, merancang alat dengan pengukur suhu tanah yang memiliki akurasi yang tinggi, mengimplemetasikan alat pengukur suhu sebagai alat bantu untuk menentukan bibit sayuran yang akan dibudidayakan
Alat Pengukur Suhu tanah ini merupakan alat yang dirancang untuk dapat mengukur suhu tanah dengan menggunakan sensor LM35. Display LCD 16x2 digunakan untuk membantu pengecekan kinerja alat jika terjadi gangguan ataupun error. Datalogger digunakan untuk menyimpan hasil pengukuran suhu dan waktu dari RTC (Real Time Clock). Dari hasil data pengukuran maka diketahui spesifikassi suhu tanah tempat yang diukur sehingga dapat membantu dalam penentuan benih sayuran yang akan ditanam.
Berdasarkan hasil penelitian alat ini menunjukkan bahwa alat ini memiliki nilai kelinieritas 0,9998 dan memiliki selisih terbesar 0,5°C dari termometer kalibrator. Kesimpulan alat ini dapat mengukur suhu tanah dan menyimpan hasil pengukurannya sehingga dapat membantu dalam pemilihan benih sayuran yang akan ditanam. Untuk pemakain alat jangka waktu yang lama dapat menggunakan sumber daya yang lain selain baterai.

Kata Kunci: LM35, Suhu Tanah, Benih Sayuran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi