Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

117. Pelaksanaan Pembiasaan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembiasaan nilai agama  dan moral pada anak  usia 5-6  tahun di PAUD Terpadu  Mutiara Yogyakarta. Nilai agama dan moral merupakan perwujudan dari pendidikan karakter, karena mengacu pada pembentukan moral pada anak usia dini. Hal ini yang melatarbelakangi penelitian ini.
Penelitian  ini  menggunakan  pendekatan  kualitatif  dan  jenis  penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru kelas, guru sentra, kelas belimbing dan blueberry. Objek dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembiasaan nilai agama dan moral pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) proses perencanaan pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral diawali dengan penyusunan program semester dan pengembangan materi keagamaan, penyusunan RPPM, dan penyusunan RPPH; 2) proses pelaksanaan pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral dimulai dari materi pagi, istirahat pagi, inti, istirahat siang, dan penutup yang dilaksanakan secara terprogram, rutin, spontan, dan keteladanan. Pembelajaran diterapkan melalui program plus yaitu menerapkan konsep pendidikan bersifat full day school; 3) proses evaluasi pembelajaran bidang pembiasaan nilai agama dan moral dimulai dengan penilaian yang dilakukan oleh guru, kemudian hasil penilaian dirangkum dalam catatan harian dan hasil karya, analisis catatan harian dan hasil karya, rangkuman bulanan, raport semester, buku prestasi, serta guru melaksanakan tindak lanjut berupa home visit dan layanan konsultasi; 4) faktor penghambat meliputi: a) buku materi plus untuk guru masih manual, materi plus untuk orang tua belum tersedia, dan orang tua kurang mendukung pelaksanaan pembiasaan ketika di rumah. Solusi untuk  mengatasi hambatan yaitu guru mengadakan briefing satu kali dalam seminggu, PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta sedang dalam proses perbaikan buku materi plus untuk guru dan pembuatan materi plus untuk orang tua.

Kata kunci: pembelajaran AUD, pembiasaan nilai agama dan moral 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi