Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

14. Ash Shira' Al Ijtima'i Fi Riwayah Al Dhil Al Aswad Li Najib Al Kailani Dirasah Al Adab Al Ijtima'i

ABSTRAK

Jumiarni Al Huda, Mahasiswi Prodi Bahasa dan Sastra Arab Jurusan Bahasa dan Sastra Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Konflik sosial adalah pertentangan yang terjadi karena adanya interaksi dan hubungan antar manusia. Dalam sebuah novel konflik menjadi sangat penting, karena dengan konflik penceritaan novel akan semakin menarik, dan yang akan mendorong dialog dan action antar tokoh. Konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad akan sangat menarik untuk dibahas karena konflik ideologis yang kompleks didalammya dapat menggugah hati dan keimanan bagi para pembacanya. Dengan demikian, peneliti merasa perlu untuk menelaah konflik sosial yang terjadi di dalam novel ini, dengan judul penelitian “Konflik Sosial dalam Novel Dzil Al-Aswad Karya Najib Kailani”.
Penelitian ini menggunakan teori konflik sosial, yaitu menganalisis data yang menunjukkan pertentangan  dan  pertikaian  antara  tokoh  maupun  kelompok  yang terjadi dalam novel Dzil Al-Aswad. Adapun dalam penelitian ini, membahas tentang: (1) bagaimana bentuk konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad karya Najib Kailani? (2) bagaimana akibat konflik sosial dalam novel Dzil Al-Aswad karya Najib Kailani?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis sastra. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi yaitu peneliti membaca novel Dzil Al-Aswad dengan teliti sehingga menemukan data yang menunjukkan bentuk dan akibat konflik. Kemudian data yang telah terkumpul dikolempokkan kedalam bentuk dan akibat konflik sosial. Setelah itu data tersebut dianalisis secara deskriptif naratif dan selanjutnya penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, bentuk konflik sosial dalam novel Dzil Al- Aswad yaitu: (1) terdapat 3 data menunnjukkan peperangan, 4 data menunjukkan pertengkaran antara iyasu dan istrinya, 3 data menunjukkan permusuhan antara iyasu dan tafari, 2 data menunjukkan perselisihan antara tafari dan istrinya. Adapun akibat konflik yang ditemukan yaitu: (2) terdapat 4 data menunjukkan akibat peperangan, 1 data yang menunjukkan akibat pertengkaran antara iyasu dan istrinya, 1 data yang menunjukkan permusuhan antara iyasu dan tafari, 1 data yang menunjukkan akibat perselisihan antara tafari dan istrinya.Jadi dari penelitian ini, peneliti menemukan 12 data untuk menunjukkan bentuk konflik sosial, dan 7 data untuk menunjukkan akibat konflik sosial.

Kata Kunci: Konflik sosial dan novel Dzil Al-Aswad.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi