Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

20. Huruf Al Jar Fi Qishah Ana Al Maut Al Qasirah Li Taufiq Al Hakim Dirasah Tahliliyah Nahwiyah

ABSTRAK

Dalam tata bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa Arab) sebagai satuan terkecil bahasa, sebagaimana dalam bahasa yang lain dapat dikelompokkan menjadi tiga macam; pertama isim, fi’il dan huruf. Yang kemudian dapat lebih mudah untuk dipelajari namun, penulis dalam hal ini hanya akan sedikit membahas bagian yang terakhir yang berkaitan dengan huruf khusunya huruf jer.\
Pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang Huruf Jer dalam cerpen “Akulah Kematian”   karya   Taufiq   Hakim,   dengan   pendekatan   ilmu   Nahwu.   Masalah   yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini meliputi dua hal yaitu; huruf jer apa saja yang terdapat dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufiq Hakim dan apa saja makna huruf jer yang terdapat dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufiq Hakim.
Dalam  pembahasan  skripsi  ini  peneliti  menggunakan  ilmu  nahwu  sebagai  pisau analisis dan  ilmu  kebahasaan  sebagai  pendekatannya.  Peneliti  mengambil  beberapa teori nahwu dari buku-buku yang mudah dimengerti dalam penjelasannya seperti kitab Jamiud Durus. Adapun tujuan pembahasan ini adalah untuk mengungkap ilmu kebahasan yang terdapat dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufiq Hakim, sedangkan metode penelitian yang dipakai adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Huruf Jer secara umum yang banyak dikemukakan oleh ahli nahwu berjumlah 20 huruf, sedangkan dalam cerpen “Akulah Kematian” karya Taufiq Hakim berjumlah 9 huruf yang terdiri dari ( ،ﱴﺣ ،ﱃإ ،ﻦﻣ ،ءﺎﺒﻟا ﰲ ،مﻼﻟا ،ﻦﻋ ،فﺎﻜﻟا ،ﻰﻠﻋ)
Adapun kesimpulan dalam penelitian ini bahwa di dalam cerpen “Akulah Kematian” terdapat 395 huruf  jer, pertama: huruf jer berbentuk ba’ dengan makna ilshoq, mushohabah, as-sababiyyah wa at-ta’lil, at-ta’diyah, al-ist’la’, al-isti’anah, adz-dzhorfiyah, al-badal, al-‘iwadh. Harfu min dengan makna al-ibtida’ at-tab’iid, at-ta’kid, adz-dzorfiyah, dan makna ‘an. Harfu ila dengan makna al-intiha’, al-mushohabah, makna ‘inda. Huruf jer hatta dengan makna lil intiha’ ka ila. Huruf jer ‘an dengan makna almujawazah wal bu’du, makna min, dan makna ‘ala. Huruf jer ‘ala dengan makna al-isti’la’, makna min, makna ba’, makna ‘an, makna fi. Huruf jer fi dengan makna adz-dzorfiyah, al-muhohabah, al-isti’la’, dan makna ba. Huruf jer kaf dengan makna at-ta’lil, as-sababiyah, dan makna ‘ala. Huruf jer lam dengan makna al-isti’la’, al-milku, lamul-ikhtishah, as-sababiyah wat-ta’lil, sibhul-miku, dan taukid.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi