Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

26. Kapital sosial pada lembaga madrasah

ABSTRAK


Kapital sosial merupakan salah satu komponen utama dalam menggerakan kebersamaan, mobilitas ideal, kesalingpercayaan dan kesalingmenguntungkan untuk kemajuan bersama. Inti kapital sosial adalah adanya kepercayaan, nilai dan norma serta jaringan (network). Menurut Francis Fukuyama kapital sosial yang mengacu pada norma-norma informal yang secara cepat dapat mendukung kerjasama antarindividu. Norma informal tersebut antara lain adalah norma timbal balik antara dua orang atau lebih yang didasari oleh kepercayaan (trust). Tingginya kepercayaan dan adanya jaringan antarindividu dalam masyarakat semakin memperbesar kapital sosial. Kapital sosial dipandang sebagai perekat (glue) yang dapat mempertahankan kehidupan bersama masyarakat. Kapital sosial adalah kapabilitas yang muncul dari kepercayaan umum di dalam sebuah masyarakat atau di bagian-bagian tertentu darinya. Dalam bidang pendidikan, penelitian yang berhubungan dengan kapital sosial masih jarang ditemukan. Padahal dengan menerapkan kapital sosial pada bidang pendidikan, pada madrasah misalnya akan membantu madrasah tersebut berkembang dan lebih maju.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kapital sosial pada madrasah dengan studi kasus pada Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta. Bagaimana cara Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta membangun kepercayaan kepada masyarakat lalu mengapa masyarakat percaya untuk menyekolahkan anak mereka di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber utama penelitian ini adalah data primer yang digali dari beberapa sumber data yang terkait dengan kapital sosial di madrasah, baik dari pihak komunitas madrasah seperti kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru dan orang tua murid. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah wawancara dengan informan yang dipilih yaitu komunitas madrasah dan orang tua murid dan observasi, data tersebut kemudian dianalisis secara kualitatif dengan menyeleksi dan menyederhanakan data dan menghubungkannya kembali dengan konsep dan pertanyaan penelitian serta tujuan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kapital sosial yang ada di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta tampak dari adanya kepercayaan yang didapat dari masyarakat untuk menyekolahkan anak mereka. Hal itu dibuktikan dengan bertambahnya calon murid yang mendaftar setiap tahun pelajaran baru. Nilai-nilai dan norma-norma yang diterapkan juga menjadi salah satu pondasi yang ditanamkan oleh madrasah yang mengikat orang-orang di dalam madrasah untuk saling bekerja sama demi kepentingan bersama untuk memajukan madasah dan juga menjadi salah satu faktor kepercayaan masyarakat kepada madrasah. Selain itu prestasi-prestasi yang telah banyak diperoleh madrasah membuat Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta menjadi madrasah yang diunggulkan. Jaringan kerjasama yang luas yang dibangun madrasah baik intern maupun ekstern membuktikan bahwa komunitas madrasah mampu menjalankan peran dan statusnya masing-masing. Dari hasil penelitian juga dapat disimpulkan bahwa kapital sosial yang ada di Madrasah Tsanawiyah Pembangunan UIN Jakarta sudah cukup maksimal berfungsi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi