Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

30. Perilaku Informasi Pemustaka dengan Menggunakan Model Niedzwiedzka di Perpustakaan

ABSTRAK

Penelitian dilakukan di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku informasi pemustaka Perpustakaan USU berdasarkan model Niedzwiedzka (2003). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah pemustaka aktif Perpustakaan USU. Teknik penentuan sampel adalah menggunakan teknik sampling aksidental. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan metode kuesioner, kemudian data diolah dan disajikan dengan pengukuran distribusi frekuensi dan dilakukan perhitungan persentase dan diinterpretasikan.
Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan perilaku identifikasi kebutuhan informasi bahwa hampir setengah pemustaka mencari informasi dikarenakan kebutuhan, sebagian besar buku dan jurnal merupakan sumber informasi yang digunakan, dan hampir setengah pemustaka mengidentifikasi topik yang dibutuhkan dalam mengidentifikasi kebutuhan informasi. Berdasarkan keputusan pemustaka untuk mencari informasi, terdapat perilaku yang cenderung ditunjukkan  yaitu pada  umumnya pemustaka menelusur melalui  OPAC  untuk mencari buku di perpustakaan, internet merupakan media yang digunakan oleh sebagaian besar pemustaka untuk mencari informasi, dan pada umumnya pemustaka memperoleh informasi dengan menggunakan internet. Berdasarkan perilaku penerapan strategi dalam menemukan informasi, sebagian besar pemustaka menemukan sumber informasi melalui search engine dalam mencari informasi, pada umumnya pemustaka menggunakan search engine Google untuk menemukan informasi, sebagian besar pemustaka cenderung menggunakan judul sebagai kata kunci dalam menemukan informasi, pada umumnya pemustaka cenderung langsung melakukan browsing sendiri dalam menentukan kata kunci yang dicari, dan hampir setengah pemustaka memanfaatkan sistem pencarian informasi seperti internet atau OPAC dalam penelusuran informasi. Berdasarkan perilaku penyeleksian informasi, sebagian besar pemustaka membandingkan dan mengevaluasi informasi dengan pengetahuan sendiri kemudian memilih informasi yang relevan ketika memperoleh informasi, setengah dari pemustaka tetap memanfaatkan informasi yang telah diperoleh, dan hampir setengah pemustaka melihat judul dan daftar isi pada dokumen. Berdasarkan perilaku penggunaan informasi  bahwa  hampir  setengah pemustaka  menggunakan  buku  tercetak, sebagian besar pemustaka mendownload/ save langsung pada media penyimpanan dalam menanggapi hasil informasi yang diperoleh, hampir setengah pemustaka langsung meminjam buku apabila buku yang dibutuhkan telah ditemukan, dan sebagian besar pemustaka mengevaluasi kembali dan menggunakan kedua informasi jika memperoleh lebih dari satu.

Kata Kunci : perilaku informasi, model niedzwiedzka
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi