Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

31. Fi’il Shohih Dalam Kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2 (Analisis Morfologis).

ABSTRAK

Morfologi (dalam bahasa Arab ilmu shorof) adalah ilmu yang mempelajari perubahan-perubahan bentuk kata yang bukan dari segi i’robnya, seperti mengetahui shohih, mudlo’af, atau mu’talnya suatu kata dan gejala-gejalanya, baik berupa terjadinya pergantian, pemindahan, pembuangan atau yang lainnya. Adapun bina’/bentuk-bentuk fi’il dilihat dari masuknya huruf illat terbagi menjadi dua, yaitu shohih/salim (yang selamat dari huruf illat) dan ghairu salim/mu’tal (yang berhuruf  illat).  Fi’il  shahih  terbagi  menjadi  tiga  yaitu:  fi’il  salim,  fi’il mahmuz dan fi’il mudho’af. Penelitian ini difokuskan pada salah satu jenis fi’il yang  disebut  fi’il  shohih.  Dalam kitab  Al-Akhlaq  Lil  Banaat  Jilid  2  terdapat banyak fi’il yang dapat dianalisis bina’nya atau bentuk kalimah yang dilihat dari segi huruf dan tata letaknya, apakah kata tersebut terdapat huruf illatnya baik pada fa’ fi’il, ’ain fi’il, ataupun lam fi’ilnya, atau terdapat hamzah, dan tad’if.
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) apa saja fi’il shohih yang terdapat di kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2, dan 2) bagaimana jenis fi’il shohih dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan Fi’il shohih yang terdapat dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2, dan 2) untuk mendeskripsikan jenis fi’il shohih yang terdapat dalam kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan desain peneitian library research. Data yang dianalisis adalah fi’il shohih. Sumber data pada penelitian ini adalah kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2. Instrument yang digunakan berupa kartu data dan lembar rekapitulasi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Teknik penyajian data menggunakan teknik pertimbangan (purpose sampling).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2 karya Umar bin Achmad Baradja terdapat 893 fi’il shohih, yang terdistribusikan pada ketiga jenisnya, yaitu 722 fi’il salim, 60  fi’il mahmuz dan 111 fi’il mudho’af. Dari 100 data yang dianalisis, terdapat 66 fi’il salim, 15 fi’il mahmuz  yang  terbagi  dalam  ketiga  jenisnya  yaitu  8  fi’il  mahmuz  fa,  2  fi’il mahmuz  'ain  ,  dan  5  fi’il  mahmuz  lam.  dan  19  fi’il  mudho’af  yaitu  19  fi’il mudho’af tsulatsy dan 0 fi’il mudho’af ruba’iy. 

Kata kunci: fi’il  shohih, kitab Al-Akhlaq Lil Banaat Jilid 2
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi