Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

43. Peranan Strategi Word of Mouth Marketing dalam Penjualan Batik Motif Sumatera Utara

ABSTRAK

Strategi   word   of   mouth   marketing   merupakan   salah   satu   strategi komunikasi pemasaran yang ampuh dan paling menarik yang dapat digunakan oleh  semua  perusahaan khususnya  untuk  usaha  industri  rumahan.UD.Mitra Cahaya merupakan sebuah usaha industri rumahan dalam bidang pembuatan batik motif Sumatera Utara yang berada di daerah Medan Tembung.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan strategi word of mouth marketing dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD.Mitra Cahaya dan  menganalisis  keefektifan strategi word  mouth  marketing  dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya. Selain itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari alternatif strategi komunikasi pemasaran lain yang dapat dilakukan UD. Mitra Cahaya dalam penjualan batik motif Sumatera Utara.
Pada penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Informan dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok.Informan kunci yaitu pemilik UD. Mitra Cahaya, informan utama yaitu pengelola UD. Mitra Cahaya dan informan tambahan adalah para konsumen UD. Mitra Cahaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada dalam dua macam yaitu yang pertama teknik pengumpulan data primer dengan melakukan observasi dan wawancara, sedangkan yang kedua adalah teknik pengumpulan data sekunder dengan pengumpulan kepustakaan dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, peranan strategi word of mouth marketing sudah berjalan dengan baik dan sangat efektif dalam penjualan batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya. Hal ini dapat dilihat dimana para konsumen menceritakan, mempromosikan, merekomendasikan dan menjual batik motif Sumatera Utara kepada calon konsumen lainnya.Para konsumen yang melakukan hal ini adalah mereka yang puas terhadap batik motif Sumatera Utara UD. Mitra Cahaya.Peneliti telah  menemukan  alternatif  strategi  komunikasi  pemasaran lainnya yang dapat dilakukan oleh UD. Mitra Cahaya adalah dengan melakukan pengemasan berupa membuat katalog, brosur, kartu nama, spanduk, baliho, iklan dan jargon yang menarik.

Kata kunci :Word of mouth marketing,Komunikasi Pemasaran, Penjualan 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi