Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

65. Pengaruh Layanan Informasi Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Terhadap Persepsi Siswa Tentang Seksualitas Remaja Pada Siswa X-9 Sma Pgri

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang terjadi di SMA PGRI 1 Pati yang menunjukkan kondisi siswa yang memiliki pengetahuan yang rendah mengenai  kesehatan reproduksi remaja  sehingga  mereka  dapat  melakukan persepsi yang salah yang berakibat pada tindakan yang salah pula yang berkaitan dengan  seksualitas  remaja.  Permasalahan  dalam  penelitian  ini  yaitu apakah layanan informasi dapat meningkatkan persepsi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan layanan informasi dan mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan persepsi siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan Pre-test and Post-test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Pati. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dimana yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA PGRI 1 Pati yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi yang berjumlah 55 butir soal dan 45 butir soal yang dinyatakan valid dan reliabel. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan uji T-test.
Hasil pre test menunjukkan persepsi siswa masuk dalam kriteria sedang dengan persentase skor rata-rata 58,47%. Setelah memperoleh layanan informasi, hasil post test menunjukkan skor rata-rata 74,84% dan masuk dalam kriteria tinggi. Dari hasil uji T-test diperoleh Thitung sebesar 47,09 dan nilai Ttabel  sebesar 2,036. Besarnya Thitung > Ttabel maka dapat disimpulkan bahwa layanan informasi terbukti dapat meningkatkan persepsi siswa tentang seksualitas remaja pada siswa kelas X-9 SMA PGRI 1 Pati. Adanya peningkatan persepsi siswa juga tampak dari sikap siswa dalam mengikuti layanan informasi, dalam setiap pertemuan mengalami peningkatan perhatian serta keaktifan siswa.
Berdasarkan  hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  terjadi  peningkatan persepsi siswa tentang seksualitas remaja setelah pelaksanaan layanan informasi tentang kesehatan reproduksi remaja. Saran bagi siswa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi remaja agar mempunyai persepsi positif tentang seksualitas remaja sehingga dapat berperilaku positif pula. 

Kata   kunci   :   Layanan   Informasi,   kesehatan   reproduksi   remaja,   persepsi, seksualitas remaja.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi