Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

16. Warisan Anak Angkat Menurut Hukum Adat Dan Kompilasi Hukum Islam

ABSTRAK
Hukum perdata di Indonesia masih bersifat pluralisme karena sampai saat ini masih berlaku hukum adat, hukum islam dan hukum barat. Hukum kewarisan merupakan  bagian  dari  hukum  kekeluargaan  yang  memegang  peranan  penting, bahkan  menentukan  dan  mencerminkan  sistem kekeluargaan  yang  berlaku  dalam masyarakat. Dalam hal ini ada beberapa perbedaan antara sistem hukum yang ada terhadap pengangkatan anak di Indonesia. Sehingga kadang kala menjadi sebuah pembahasan tanpa henti terhadap kewarisan bagi anak angkat. Berdasarkan latar belakang  di  atas  ditemukan  permasalahan  yaitu  Pertama  kedudukan  anak  angkat dalam hukum adat dan kompilasi hukum islam, Kedua hak waris anak angkat dalam hukum adat dan kompilasi hukum islam, ketiga porsi bagian waris anak angkat dalam hukum adat dan kompilasi hukum islam.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian normatif dengan pendekatan perbandingan (comparatife) serta metode pengumpulan data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Penelitian ini dimulai dengan dilakukannya pemeriksaan terhadap data yang terkumpul. Data primer (Undang-Undang) dan sekunder (buku-buku dan tulisan), diperoleh dan akan dianalisis dengan metode kualitatif sehingga dapat ditarik kesimpulan dengan cara analisis kualitatif dan diharapkan dapat menjawab permasalahan dalam penelitian ini.
Hukum islam tidak memungkiri adanya pengangkatan anak sejauh pengangkatan itu dilakukan untuk memberi kesejahteraan dan pendidikan untuk si anak. Pengangkatan anak tidak memutus hubungan anak angkat dengan orang tua kandung. Tidak ada hubungan saling mewarisi antara anak angkat dengan orang tua angkat.  Namun  dalam  kompilasi  hukum  islam  di  atur  tentang  wasiat  wajibah, sehingga  anak  angkat  dapat  diberikan  tidak  lebih  dari  sepertiga  harta  warisan. Berbeda dengan sistem hukum adat, Kedudukan anak angkat dipengaruhi oleh sistem kekeluargaan atau keturunan, kedudukan anak angkat berbeda-beda dari satu daerah dengan daerah yang lain. Pengangkatan anak bisa saja memutus pertalian anak angkat terhadap orang tua kandung, ataupun pengangkatan anak tidak memutus hubungan anak  angkat  dengan  orang  tua  kandungnya.  Begitu  juga  dengan  hak  waris  anak angkat. Masing-masing hukum adat di daerah punya pengaturan yang berbeda-beda, ada yang karena pengangkatan anak maka timbul hubungan kewarisan antara orang tua angkat dan sebaliknya. Begitu pula dengan porsi bagi anak angkat yang mendapat warisan pada sistem hukum adat yang anak angkat diberi hak warisan dari orang tua angkatnya. Pengaturan terhadap porsi warisan ini berbeda dari satu daerah dengan daerah yang lain.

Kata Kunci : Warisan, Anak Angkat, Wasiat 
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi