Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

22. Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal, daerah tersebut mayoritas penduduknya berpencaharian sebagai nelayan. Keadaan geografis dan budaya setempat menjadikan masyarakat Desa Wonorejo ini cocok untuk dijadikan lahan usaha ikan bandeng, hasil dari ikan bandeng ini sudah memenuhi untuk mengeluarkan zakatnya tetapi petani ikan bandeng yang mengeluarkan zakat hanya sebagian saja itupun dengan seenaknya sendiri tanpa tahu waktu dan ketentuan yang harus dikeluarkan. Dalam mengeluarkan zakat ikan bandeng diberlakukan nishab sebagaimana zakat tanaman dan buah-buahan tanpa menunggu satu tahun (haul), hal ini membuat penulis tertarik untuk menelitinya.
Pokok permasalahan skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan zakat hasil tambak di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal? Dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang zakat hasil tambak di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal? Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif (field research). Obyek penelitian tambak ikan bandeng. Sumber data terdiri dari data primer data sekunder. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi. Analisis datanya menggunakan metode analisa kualitatif yang bersifat deskriptif.
Hasil penelitian ini berdasarkan analisis pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng di Desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal yaitu pertama, bahwa petani ikan bandeng membayar zakatnya berbeda-beda yaitu ada yang setelah panen dan ada yang setahun sekali, hal ini disebabkan oleh masyarakatnya yang kurang mengetahui tentang pelaksanaan zakat hasil tambak ikan bandeng sehingga sudah menjadi kebiasaan masyarakat setempat dalam mengeluarkan zakat menurut pengetahuan yang mereka ketahui. Kedua, yang sesuai  dengan  hukum  Islam  dari  zakat  hasil  tambak  ikan  bandeng  harus disamakan dengan pengeluaran zakat pertanian yaitu dikeluarkan pada setiap kali panen dan dengan kadar 5% yang pengairannya dengan cara disiram (ada biaya tambahan),  karena  tambak  ikan  bandeng  tidak  ada  yang  menggunakan  tadah hujan.

Kata Kunci: ikan bandeng, pertanian, kadar zakat.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi