Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

29. Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli motor kredit macet

ABSTRAK
Pada era perekonomian seperti sekarang ini, masyarakat membutuhkan kendaraan untuk mempercepat dan memepermudah mobilitas. Salah satunya adalah sepeda motor yang tergolong lebih terjangkau dibanding kendaraan bermotor lain. Di lain pihak, ada perusahaan atau dealer yang menginginkan produknya (motor) dapat terjual kepada masyarakat dengan mendapatkan keuntungan. Dari sini muncul banyak sekali usaha- usaha atau transaksi jual beli dengan cara kredit. Namun, pelaksanaan kredit tidak selamanya berjalan lancar dikarenakan adanya pelanggaran perjanjian oleh debitur. Sehingga banyak sekali bermunculan praktik jual beli motor bodongan. Seperti halnya yang terjadi pada masyarakat di Desa Jragung. Yang menjadi permasalahan    penelitian adalah bagaimana pandangan Islam terhadap    praktik jual  beli  motor  kredit  macet  di  Desa  Jragung tersebut.
Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian  lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitik. Pengumpulan data dilakukan  dengan  metode  wawancara  terhadap  6  informan (5 pembeli dan 1 makelar), dokumentasi, dan observasi. Sedangkan untuk  menganalasis  data  yang telah  terkumpul,  peneliti menggunakan teknik normatif empiris dengan melihat suatu kenyataan hukum di masyarakat serta aspek-aspek hukum dalam interaksi sosial di dalam masyarakat.
Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli motor kredit macet di Desa Jragung melanggar Undang- Undang pidana atas pelanggaran penggelapan barang bagi penjual (debitur) dan makelar, serta pelanggaran penadahan bagi pembeli. Sedangkan menurut pandangan hukum Islam, jual beli motor kredit macet tidak diperbolehkan. karena barang yang diperjualbelikan (motor) adalah barang yang tidak dimiliki secara sempurna oleh pihak penjual, melainkan masih berada di bawah kepemilikan perusahaan leasing.

Kata kunci : jual-beli, kredit macet, hak milik 

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi