Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

6. Interaksi Guru Fikih dengan Peserta Didik dalam Menumbuhkan Kesadaran Beribadah

ABSTRAK
Pokok masalah penelitian ini adalah: Bagaimana interaksi guru Fikih dengan peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng? Pokok masalah tersebut selanjutnya di break - down dalam beberapa submasalah sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran interaksi guru Fikih dengan peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng?, 2) Bagaimana realitas kesadaran beribadah peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng?, dan 3) Bagaimana ragam kendala interaksi guru Fikih dengan peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng dan bagaimana solusinya?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian berupa fenomenologis dan pendekatan studi berupa pedagogis dan psikologis. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Fikih, peserta didik, dan dokumen tentang atau yang terdapat di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh tidak dianalisis menggunakan rumus statistika, tetapi data tersebut dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan sesuai kenyataan. Untuk uji keabsahan data teknik yang digunakan adalah teknik triangulasi. Teknik triangulasi berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu  informasi  yang  diperoleh  melalui waktu  dan  alasan yang berbeda
Hasil penelitian ini menunjukkan dalam berinteraksi pada proses pembelajaran Fikih, ada beberapa pola yang digunakan oleh guru yaitu pola guru - peserta didik (interaksi satu arah), pola guru-peserta didik-guru (interaksi dua arah), pola guru-peserta didik-peserta didik. Selain itu, guru juga melaksanakan perannya sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Kesadaran beribadah peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung terdapat tiga tipe yaitu peserta didik yang memiliki kesadaran beribadah baik, peserta didik yang memiliki kesadaran beribadah cukup, dan peserta didik yang memiliki kesadaran beribadah kurang. Kesadaran beribadah peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tingkat usia, lingkungan keluarga, lingkungan madrasah, dan lingkungan masyarakat. Kendala interaksi guru fikih dengan peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung adalah jumlah peserta didik yang banyak, karakter peserta didik yang berbeda-beda, dan latar belakang keluarga.
Untuk menumbuhkan kesadaran beribadah salat para peserta didik perlu mendapat perhatian dan pengawasan dari berbagai pihak dalam hal ini orang tua, guru, dan masyarakat. Sebab anak adalah amanah dari Allah yang wajib dijaga agar fitrah seorang anak tetap terpelihara sehingga akan melahirkan para intelektual muda yang tetap mencerminkan nilai-nilai Islam. Kaitannya dengan penelitian ini, mereka akan memiliki kesadaran beribadah salat yang baik dan terus ditingkatkan sebab keimanan seseorang tersebut bisa bertambah  dan berkurang.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi