Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

59. Peranan Manajemen Kebijakan Pendidikan dalam Mengaplikasikan Visi dan Misi SMK Negeri

ABSTRAK
Skripsi ini membahas tentang bagaimana gambaran manajemen kebijakan pendidikan di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng, dan gambaran visi misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng serta peranan manajemen kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan visi dan misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran manajemen kebijakan pendidikan di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng, mengetahui gambaran visi dan misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng serta untuk mengetahui peranan manajemen kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan visi dan misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng. Serta memiliki kegunaan untuk berbagai pihak, baik itu dari pihak tempat penelitian maupun dari pihak peneliti sendiri.
Penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini menentukan subjek dan objek penelitian, metode pengumpulan datanya dengan mengacu pada pedoman wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analis data kualitatif dilakukan secara terus menerus sampai tuntas sehingga datanya jenuh. Aktivitas yang dilakukan dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan clonclusion drawing/verification.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran manajemen kebijakan pendidikan di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng dalam perumusannya, kebijakan yang diambil ada yang melalui mekanisme rapat bersama dengan tim perumus kebijakan seperti Kepala Sekolah, Wakil-wakil kepala sekolah, Pengurus Komite, Dewan guru dan orang tua peserta didik. Ada pula kebijakan dikeluarkan tanpa melalui mekanisme rapat yang sifatnya mendesak. Dalam pelaksanaannya, kebijakan dilakukan secara bertahap dan memprioritaskan  kebijakan yang disesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan sekolah. Dalam pelaksanaan kebijakan tersebut akan menemui berbagai macam masalah sehingga membutuhkan sistem pengambilan keputusan. Adapun langkah-langkah dalam pengambilan keputusan yaitu menerima saran dari pihak-pihak yang berkepentingan kemudian mempertimbangkan dengan menyesuaikan kebutuhan sekolah. Hasil keputusantersebut dikomunikasikan kepada seluruh warga sekolah melalui rapat bersama. Gambaran visi dan misi di SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng yaitu dalam pengaplikasiannya visi dan misi sekolah mencerminkan SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng sebagai sekolah Adiwiyata yang merupakan program berbudaya lingkungan hidup, berwawasan global yang didasari dengan keimanan dan ketakwaan. Peranan manajemen kebijakan pendidikan dalam mengaplikasikan visi dan misi SMK Negeri 1 Bantaeng Kabupaten Bantaeng yaitu manajemen kebijakan pendidikan memiliki peran sebagai pedoman dalam membuat keputusan dan menjadi dasar untuk menjalankan pendidikan yang muaranya adalah pencapaian visi dan misi sekolah.
Untuk menciptakan pendidikan yang berkualitas maka tak lepas dari visi dan misi pendidikan, semakin kuat visi dan semakin baik misinya maka akan semakin berkualitas juga sumber daya manusia yang dapat dihasilkan sehingga dalam mengaplikasikakan visi dan misi pendidikan membutuhkan kebijakan sebagai pedoman atau dasar dalam setiap pelaksanaannya. Selain itu, dibutuhkan kerjasama seluruh warga sekolah melalui kerjasama tertentu baik dalam kegiatan organisasi maupun kegiatan manajemen akan mampu terealisasi dan mencapai tujuan pendidikan yang optimal.

File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi