Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

102. Studi Optimasi Biaya Dan Waktu Menggunakan Metode Duration Cost Trade Off Pada Pembangunan Gedung Ruang Rawat Rumah Sakit

BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Waktu dan biaya adalah faktor yang dapat memengaruhi keberhasilan atau kegagalan sebuah proyek kontruksi. Hal ini mengakibatkan proyek kontruksi menjadi semakin rumit. Biasanya semakin besar suatu proyek, dapat menyebabkan masalah yang besar juga untuk dihadapi, misalnya seperti keterlambatan penyelesaian proyek, penyimpangan mutu, pemborosan sumber daya, biaya pembangunan proyek yang tidak sesuai dengan rencana, dan lain sebagainya yang dapat merugikan bagi pelaksana proyek. Tetapi jika pelaksanaan proyek dikelola dengan baik dan tepat dapat memberikan keuntungan dari segi biaya pelaksanaan. Sedangkan jika memperhatikan waktu pelaksanaan maka proyek dapat terhindar dari adanya biaya denda karena keterlambatan penyelesaian proyek.
Optimasi waktu dan biaya menjadi hal yang sangat penting bagi setiap proyek kontruksi untuk mendapatkan waktu dan biaya yang terbaik sehingga proyek akan memperoleh keuntungan yang optimal. Cara untuk mendapatkan keuntungan tersebut dapat dilakukan beberapa cara, yaitu membuat jaringan kerja proyek (network), mencari kegiatan- kegiatan yang masuk kedalam lintasan kritis, menghitung durasi proyek dan mengetahui jumlah sumber daya (resource), 
Pada penelitian ini membahas mengenai optimasi waktu dan biaya pada proyek pembangunan gedung ruang rawat ICU, ICCU, NICU, PICU Rumah Sakit Umum Kardinah, Kota Tegal dengan menggunakan metode penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja menggunakan Microsoft project 2010.

1.2. Rumusan Masalah
Penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan suatu permasalahan yang ada dalam pengerjaan nya, sehingga dibuat rumusan masalah antara lain:
1. Berapa besar perubahan waktu dan biaya pelaksanaan proyek sebelum dan sesudah penambahan jam kerja?
2. Berapa besar perubahan waktu dan biaya pelaksanaan proyek sebelum dan sesudah penambahan jam kerja (lembur)? 
3. Bagaimana perbandingan waktu dan biaya akibat penambahan jam?

1.3. Lingkup Penelitian
Supaya penelitian ini menghasilkan hasil yang baik sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah yang ada maka dibuat batasan- batasan masalah untuk memperjelas penelitian yang dibahas, yaitu:
1. Pengambilan data yang berasal dari proyek pembangunan gedung ruang rawat ICU, ICCU, NICU, PICU  Rumah Sakit Umum Kardinah, Kota Tegal.
2. Hari kerja proyek: Senin – Sabtu dengan jam kerja mulai 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dengan waktu istirahat pukul 12.00 – 13.00 WIB dan jam kerja lembur maksimum adalah 3 jam.
3. Analisa penjadwalan dan lintasan kritis proyek menggunakan software microsoft project 2010.
4. Perhitungan percepatan waktu proyek menggunakan alternatif yaitu variasi penambahan jam kerja (lembur) dan penambahan tenaga kerja.
5. Optimasi waktu dan biaya dengan variasi penambahan jam kerja (lembur) menggunakan software microsoft project 2010.
6. Perhitungan biaya denda menggunakan besarnya perubahan durasi proyek setelah dilakukan kompresi akibat penambahan jam kerja (lembur) dikalikan dengan 1% biaya total proyek.

1.4. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk:
1. Menganalisa perubahan waktu dan biaya akibat penambahan jam kerja pada proyek konstruksi.
2. Menganalisa perubahan waktu dan biaya akibat penambahan jam kerja (lembur) pada proyek konstruksi.
3. Memperoleh perbandingan waktu dan biaya optimal akibat penambahan jam kerja, penambahan tenaga kerja, dan biaya denda.

1.5. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat, antara lain:
1. Untuk bahan pertimbangan dan masukan bagi pelaku kegiatan proyek konstruksi pada saat mengambil keputusan yang berkaitan dengan kegiatan konstruksi. 
2. Acuan untuk mengembangkan pengetahuan dalam bidang manajemen konstruksi dan memberikan pengetahuan dalam penggunaan Microsoft project untuk kegiatan konstruksi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi