Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

103. Kajian Risiko Ledakan Dan Kebakaran Pada Maintenance Konstruksi Tangki Lpg

BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang

Seiring dengan berkembangnya industri di Indonesia yang terus maju dan berkembang dengan pesat. Maka perkembangan ini berdampak bertambahnya kebutuhan   tangki   industri   minyak   guna   untuk  menyimpan   gas   fluida. Pembangunan   tangki   industri   minyak   mensyaratkan   beberapa   aspek   yaitu kekuatan bangunan, kestabilan bangunan, bangunan yang tahan lama, mengurangi atau memperkecil terjadinya looses pada produk yang disimpan, keamanan terhadap proteksi kebakaran dan ledakan, dan sebagainya.
Seperti yang diketahui kebakaran dan ledakan pada tangki minyak dapat terjadi kapan saja. Kebakaran dan ledakan tangki minyak dapat menyebabkan berbagai dampak negatif seperti kerugian materiil, bangunan rusak di sekitar area kilang,  rusaknya  instalasi  dan  menyebabkan  kehilangan  bahan  bakar  dalam jumlah yang cukup besar bahkan dari ledakan ini dapat memakan korban jiwa yang berada di sekitar area kilang. Oleh karena itu, untuk mengurangi dampak negatif  yang  disebabkan  oleh  ledakan  dan  kebakaran  dari  bangunan  tangki minyak, maka diperlukan proteksi kebakaran dan ledakan pada bangunan tersebut.
Pada tahun 2015 depot penyimpanan bahan bakar Buncefield di Inggris mengalami kebakaran dan ledakan. Dimana dari ledakan  dan kebakaran pada depot bahan bakar banyak memberikan dampak-dampak negatif untuk perusahaan seperti berhentinya proses produksi, kerusakan pada area kilang (Lestari dan Nurdiansyah,2007).
Kebakaran dan Ledakan pada tangki terjadi pada sebuah instansi Surabaya Grup, PT. Pertamina. Dimana salah satu tangki industri minyak mengalami kebakaran di karenakan adanya sambaran petir yang mengenai salah satu tangki industri minyak (Lestari dan Nurdiansyah,2007).
Oleh karena itu, berdasarkan Pasal 03 UU No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja menyatakan bahwa salah satu syarat keselamatan kerja adalah mencegah,   mengurangi   dan  memadamkan  kebakaran,   serta  mencegah  dan mengurangi bahaya ledakan Proteksi kebakaran pada umumnya dikenal 2 sarana yaitu Sarana Proteksi Kebararan Pasif dan Sarana Proteksi Kebakaran Aktif. Dimana Sarana Proteksi kebakaran pasif adalah suatu cara mengendalikan asap, panas maupun gas berbahaya sementara Sarana Proteksi kebakaran aktif berupa alat yang disiapkan untuk mendeteksi atau memadamkan kebakaran yang terjadi.
Dari Permasalahan yang ada, maka perlu untuk melakukan tindakan proteksi kebakaran dan  ledakan pada bangunan tangki minyak atau pekerjaan Fireproofing pada bangunan yang berada di Area Kilang PT. Pertamina Persero Balikpapan. Penelitan ini berfokus untuk memberikan tindakan proteksi atau mitigasi potensi kebakaran dan ledakan pada bangunan tangki minyak.
Hasil dari penilitian ini diharapkan dapat menambah wawasan bagi penulis dan pembaca serta menjadi referensi untuk proteksi kebakaran dan ledakan atau pekerjaan fireproofing pada bangunan tangki minyak.

1.2.      Rumusan Masalah
Dari Latar belakang yang ada maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu:
1.     Faktor apa saja yang dapat menyebakan kebakaran dan ledakan pada tangki LPG.
2. Bagaimana  praktik  maintenance  konstruksi  tangki  LPG  yang  berpotensi kebakaran dan ledakan?

1.3.      Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang ada maka dapat dirumuskan tujuan dari penelitian ini adalah identifikasi dan menilai faktor-faktor yang menyebabkan kebakaran dan ledakan pada maintenance tangki LPG.

1.4.      Lingkup Penelitian
Agar pembahasannya lebih fokus dan tidak melebar, maka perlu adanya lingkup penelitian. Adapun lingkup penelitiannya yaitu:
1.     Penelitian  dilakukan  pada  Spherical  tank  (Tangki  Bola)  di  area  kilang Balikpapan.
2.     Penelitian ini berfokus pada konstruksi tangki LPG (Liquified Pertroleum Gas) di PT. Pertamina  Balikpapan 
3.   Penilitian  ini  berfokus  pada  aspek  pelaksanaan  maintenance  pada pengoperasian alat.
4.   Data Penelitian didapat dengan observasi langsung ke lapangan dan melakukan wawancara dengan pihak konsultan .
5.   Berpedoman  pada  peraturan  National  Fire  Protection  Association

5.5.        Manfaat Penelitian
Manfaat yang didapatkan dari penelitian ini adalah:
1. Menjadi  bahan  pertimbangan  perusahaan  dalam  membangun  konstruksi tangki timbun dalam area kilang.
2.     Untuk  memperdalam  ilmu  pengetahuan  tentang ilmu  K3  (Kesehatan  dan Keselamatan Kerja), proteksi kebakaran dan ledakan
3. Hasil penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk mengurangi terjadinya kebakaran     dan     ledakan     di     area     kilang     minyak     dan     gas.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi