Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

124. Pemodelan Simpang Bersinyal Akibat Perubahan Urutan Fase Dengan Software Ptv Vissim Pada Simpang Empat Bersinyal Senopati Yogyakarta

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.  Latar Belakang
Sebagai salah satu negara berkembang, saat ini pertumbuhan penduduk di Indonesia mencapai 1,49% per tahun atau sekitar empat juta per tahun. Dengan bertambahnya penduduk ini maka akan berdampak kepada bertambahnya aktivitas atau kesibukan yang akan dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Untuk memenuhi aktivitas atau kesibukannya  tentunya masyarakat memerlukan sarana dan prasarana transportasi sebagai alat untuk memudahkan kegiatannya tersebut. Salah satu alat transportasi yang biasa digunakan oleh masyarakat adalah kendaraan bermotor  pribadi seperti motor dan mobil,  dan transportasi  umum seperti ojek, taksi, bus, kereta api, pesawat terbang dan kapal laut. Sedangkan contoh prasarana penunjang lainnya yang dibutuhkan adalah halte, terminal, statsiun, bandar udara, dan pelabuhan.  Transportasi  telah menjadi kebutuhan  dasar masyarakat,  karena transportasi memiliki peranan penting dalam setiap sendi kehidupan.
Semakin maju suatu wilayah atau suatu kota maka dapat dipastikan tingkat aktivitas  atau  kesibukan  di  kota  tersebut  akan  semakin  tinggi,  hal  itu  akan berdampak pula kepada semakin tingginya kebutuhan transportasi, misalnya saja kota Yogyakarta yang terkenal sebagai kota pelajar dan kota wisatanya. Dari tahun ketahun angka pertumbuhan masyarakat di Yogyakarta semakin meningkat, baik pertumbuhan dari meningkatnya angka kelahiran maupun dari semakin banyaknya pelajar dan wisatawan  yang datang  ke kota  Yogyakarta.  Hal itu menyebabkan banyak masalah transportasi yang muncul sebagai akibat dari tingginya aktivitas di kota Yogyakarta,  contohnya  saja terjadi penumpukan  kendaraan atau terjadinya kemacetan di persimpangan jalan. Kemacetan atau terjadinya penumpukan kendaraan di persimpangan jalan bisa terjadi karena kurang efektifnya fase lampu APIL. Untuk itu demi memperlancar arus kendaraan maka perubahan urutan lampu fase APIL perlu dilakukan.
Pada penelitian kali ini akan diteliti dampak dari perubahan urutan lampu APIL pada Simpang Senopati Taman Pintar menggunakan Software PTV Vissim. PTV Vissim adalah  sebuah  program  pemodelan  transportasi  untuk  menganalisa kondisi lalulintas eksisting,  forecasting  yang mendukung  data GIS. PTV Vissim digunakan untuk microscopic  simulation (microscopic  transportation planning). Pada penelitian kali ini penulis menggunakan Software PTV Vissim 10, software ini dapat memudahkan peneliti dalam menganalisis simpang bersinyal secara menyeluruh karena dapat memodelkan kondisi lapangan dalam bentuk simulasi dua dimensi dan tiga dimensi.
Sebelum masuk ketahap pemodelan maka tahap pertama yang harus dilakukan adalah pengumpulan data terlebih dahulu, pengambilan data dilakukan dengan melakukan survei data lapangan atau dari persimpangan, setelah data terkumpul maka pengolahan data bisa dilakukan.
Software PTV Vissim 10  dapat  memperlihatkan  visualisasi  kondisi  saat sebelum perubahan  urutan fase dan setelah urutan fase dirubah.  Pemodelan  ini dapat memudahkan untuk mengetahui solusi yang tepat pada urutan fase lampu APIL supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan pada simpang bersinyal.

1.2.  Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut:
1.   Bagaimana pemodelan lalulintas pada kondisi eksisting di Simpang Senopati Yogyakarta?
2.   Bagaimana  pemodelan  lalulintas  pada  kondisi  setelah  dilakukan  perubahan urutan fase lampu APIL di Simpang Senopati Yogyakarta?
3.   Bagaimana solusi yang dapat dilakukan untuk menangani masalah kemacetan atau penumpukan kendaraan pada Simpang Senopati Yogyakarta?

1.3.  Lingkup Penelitian
Batasan masalah dari penelitian ini adalah:
1.   Lokasi penelitian hanya pada simpang Senopati Yogyakarta.
2.   Data lalu  lintas  yang  digunakan  adalah  data  hasil  surrvei  lapangan  dengan Traffic Counting, yang dilaksanakan pada hari Selasa 13 Maret 2018.
3.   Data geometrik jalan yang digunakan adalah data hasil survei lapangan.
4.   Software yang digunakan adalah PTV. Vissim 10 Student Version.

1.4.  Tujuan Penelitian
1.   Untuk menganalisis kondisi eksisting pada Simpang Senopati Yogyakarta. 
2.   Untuk menganalisis kondisi lalulintas setelah dilakukan perubahan urutan fase lampu APIL.
3.   Memberikan solusi urutan fase lampu APIL yang efektif.

1.5.  Manfaat Penelitian
Memberikan solusi kepada pihak terkait untuk mengurai penumpukan kendaraan atau kemacetan yang terjadi pada Simpang Senopati Yogyakarta. Dapat memberikan solusi pada simpang dalam memecahkan masalah   menggunakan software PTV VISSIM 10.0.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi