Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

134. Studi Penggunaan Bracing Pada Sistem Perkuatan Gedung A.R Fahrudin B Akibat Beban Seismik

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.   Latar Belakang
Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan  energi  dari  dalam  secara  tiba-tiba  yang  menciptakan  gelombang seismik. Gempa bumi dapat disebabkan oleh pergerakan kerak bumi (lempeng bumi). Indonesia adalah salah satu negara yang berpotensi rawan terjadi gempa bumi. Hal ini disebabkan karena  Indonesia terletak di jalur pertemuan antara ketiga lempeng besar bumi yaitu Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik. Salah satu Provinsi di Indonesia yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta termasuk dalam wilayah yang rentan terjadi gempa bumi, hal ini bisa dilihat dari riwayat gempa bumi yang terjadi di Yogyakarta seperti pada gempa tahun 2006 dengan kekuatan 5,9 SR. Dampak akibat gempa bumi menyebabkan adanya  korban  jiwa,  kerusakan dan keruntuhan  insfrastruktur  bangunan.  Oleh karena itu perlu adanya mitigasi bencana untuk mengurangi bahaya yang ditumbulkan akibat adanya gempa bumi. Struktur bangunan harus mampu menerima gaya gempa pada level tertentu tanpa terjadi kerusakan yang signifikan pada struktur atau apabila bangunan harus mengalami keruntuhan (disebabkan beban  gempa  melebihi  beban  gempa  rencana),  masih  mampu  memberikan perilaku   nonlinier   pada   kondisi   pasca-elastik   sehingga   tingkat   keamanan bangunan terhadap gempa dan keselamatan penghuninya lebih terjamin (Pratama dkk.,2013).
Pentingnya tinjauan beban gempa rencana dalam perencanaan desain struktur  sebagai  antisipasi  apabila  terjadi  gempa.  Dalam  menganalis  gempa terdapat beberapa metode yang digunakan  yaitu metode analisis  gempa statik ekivalen dan metode analisis gempa dinamik. Pada bangunan tingkat tinggi yang memiliki jumlah lantai yang banyak digunakan metode analisis dinamik yang salah satunya yaitu dengan respon spektrum. Respon spektrum merupakan spektrum yang ditampilkan sebagai kurva anatar periode struktur dengan percepatan respon spektra (Sa). Perkuatan pada gedung merupakan salah satu cara
untuk memperbaiki respon struktur gedung terhadap beban gempa yang terjadi.
Terdapat beberapa jenis sistem perkuatan yang dilakukan pada gedung salah satunya adalah sistem perkuatan menggunakan profil baja yang disebut dengan perkuatan bracing. Profil yang digunakan untuk perkuatan gedung menggunakan beberapa jenis profil baja seperti profil pipa, IWF, double angel. Pada gedung A.R Fachruddin B Universitas Muhammadiyah Yogyakarta merupakan gedung yang telah lama berdiri, gedung tersebut dibangun sebelum adanya peraturan gempa yang terbaru ,oleh karena itu gedung tersebut perlu dilakukan studi mengenai kelayakan strukturnya terhadap beban gempa yang terjadi.  Pada tugas akhir ini akan dilakukan dilakukan penelitian untuk menganalisis respon struktur Gedung A.R Fachruddin Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terhadap beban gempa respons  spektrum  menggunakan  bantuan  software  ETABS dan  memberikan usualan perkuatan menggunakan profil baja apabila diperlukan.

1.2.      Rumusan Masalah
Gedung A.R Fachruddin dirancang menggunakan peraturan gempa yang lama, oleh karena itu berdasarkan penggunaan peraturan gempa Indonesia untuk bangunan gedung yang berlaku serta penerapan dari Peta Gempa Indonesia 2017, maka  perlu  dilakukan  analisis  ketahanan  gempa  serta  perilaku  strukturnya terhadap gedung A.R Fachruddin.

1.3.       Lingkup  Penelitian
Lingkup penelitian yang diambil yaitu sebagai berikut ini.
1.   Pemodelan menggunakan program ETABS
2.   Struktur bawah bangunan tidak ditinjau, namun bagian gedung yang dianalisis hanya struktur atasnya.
3.   Atap dan tangga dimodelkan terpisah.
4.   Analisis beban gempa menggunakan analisis respons spektrum.
5.   Asumsi jenis tanah sedang.
6.   Asumsi sistem struktur SPRMK karena karena tidak terdapat dinding geser.
7.   Analisis elemen struktur tidak dilakukan.
8.   Analisis sambungan pada baja tidak ditinjau. 

1.4.       Tujuan Penelitian
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah sebagai berikut.
1.   Mengevaluasi   respon   struktur   gedung   A.R   Fachrudin   terhadap peraturan beban gempa yang berlaku.
2. Memberikan  usulan  perkuatan  pada  gedung  A.R  Fachrudin menggunakan profil baja pada posisi bagian dalam gedung.
3.   Mengevaluasi kembali respon struktur gedung A.R Fachrudin setelah dilakukan penerapan perkuatan pada gedung A.R Fachrudin B.

1.5.       Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian di lakukan adalah sebagai berikut.
1.   Memberikan informasi mengenai perilaku struktur bangunan gedung bertingkat terhadap beban gempa respons spektrum  sesuai dengan SNI gempa 03-1726-2012 berdasarkan Peta Gempa Indonesia Gempa Indonesia 2017.
2.  Mengetahui respon struktur yang terjadi pada gedung gedung A.R Fachrudin B.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi