Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

141. Pemodelan Simpang Bersinyal Akibat Perubahan Fase Dengan Software Ptv Vissim Pada Simpang Empat Bersinyal Jetis

BAB I 
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang
Pada  era  globalisasi  seperti  ini,  dimana  pertambahan  penduduk  yang semakin banyak yang biasanya diikuti oleh bertambahnya aktifitas atau kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Pertumbuhan penduduk ini dapat menyebabkan suatu masalah, dimana kita ketahui bahwa masalah yang seringkali terjadi dengan pertumbuhan penduduk yang meningkat adalah sarana dan prasarana transfortasi. Aktifitas  dan  kegiatan  masyarakat  sangat  membutuhkan  sarana  dan  prasarana yang menunjang untuk lebih memudahkan warga untuk melakukan suatu aktifitas.
Dimana kita ketahui bahwa indonesia adalah negara berkembang dengan tingkat penggunaan kendaraan di setiap tahunnya selalu meningkat. Ketika hal tersebut tidak dibarengi dengan pemodelan lalu lintas yang ada maka akan terjadi kemacetan lalu lintas yang cukup sulit untuk diselesaikan.
Di provinsi yogyakarta sendiri merupakan salah satu kota pariwisata dan kota pendidikan yang diminati oleh masyarakat indonesia maupun dari luar indonesia. Terutama ketika hari besar atau hari libur, sehingga kita tidak dapat ketahui jumlah kendaraan yang masuk setiap harinya. Sehingga banyak ruas jalan bahkan tidak mampu untuk melayani lalu lintas yang ada, akibatnya kemacetan dan tundaan seringkali terjadi terutama di persimpangan-persimpangan.
Persimpangan merupakan suatu daerah dimana dua atau lebih ruas jalan yang saling berpotongan sehingga sering kali terjadi konflik lalu lintas. Untuk mengoptimalkan terjadinya kemacetan yang sering kali terjadi adalah melakukan pengaturan manajemen lalu lintas yang baik.
Dengan  adanya  lampu  lalu  lintas  yang  kita  kenal  dengan  alat  pemberi isyarat lalu lintas (APILL) yang sangat berguna untuk mengatur kendaraan yang lewat di simpangan tersebut. Pengoperasian siklus atau urutan fase pada sistem APILL tersebut kebanyakan kita melihat urutan fase searah dengan jarum jam dan sebaliknya.
Pada simpang bersinyal Jetis urutan fase pada sistem APILL pengoperasian siklus atau urutan fasenya  dengan searah  jarum  jam. Sehingga pada simpang bersinyal Jetis seringkali terjadi tundaan dan panjang antrian yang panjang sehingga sering terjadi macet. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlakukan sistem lalu lintas yang canggih untuk mengatasi masalah yang ada, yang lebih  dikenl  dengan  Inteligent  Treffic  System (ITS).  Diharapkan  dengan adanya sistem tersebut dapat mengurangi kemacaten pada persimpangan akibat kendaraan yang berhenti karena lampu lalu lintas.
Berdasarkan permasalahan yang terjadi di atas perlu dilakukan peningkatan Level of Service (LOS) dengan melakukan evaluasi, analisa, dan pemodelan ulang pada simpang tersebut untuk menentukan rasio belok dan urutan fase yang lebih efektif sehingga  LOS pada simpangan tersebut  dapat mengalami peningkatan. Dalam  pemodelan ulang pada  simpang  bersinyal Jetis  menggunakan software PTV SISSIM 10.0. Maka penelitian ini akan membahas “Pemodelan  Simpang Bersinyal Akibat Perubahan  Fase dengan Software PTV VISSIM pada Simpang Empat bersinyal Jetis”.

1.2.Rumusan Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  di  atas,  maka  dapat  disimpulkan  rumusan masalah sebagai berikut:
1.      Berapa kapasitas ruas jalan pada simpang bersinyal Jetis?
2.      Apa faktor-faktor ysng dapat menentukan urutan fase yang efektif terhadap pemodelan ulang simpang bersinyal Jetis?
3.      Berapa  rasio  belok  yang  diperlukan  pada  pemodelan  simpang  bersinyal Jetis?

1.3.Lingkup  Penelitian
Pada penelitian ini terdapat batasan masalah yang dapat diuraikan dengan batasan-batasan sebagai berikut:
1.      Lokasi studi penelitian bedasa pada simpang bersinyal Jetis.
2.      Melakukan   pemodelan   ulang   pada   simpang   bersinyal   menggunakan software PTV VISSIM 10.0.
3.      Pelaksanaan survei pengambilan data dilakun pada jam puncak (06.00 s/d 08.00), (12.00 s/d 14.00), dan (16.00 s/d 18.00). 

1.4.Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Menentukan kapasitas ruas jalan simpang Jetis.
2.      Menentukan    faktor-faktor    urutan    fase    yang    lebih    efektif    dengan menggunakan software PTV VISSIM 10.0.
3.      Menentukan rasio belok pada simpang menggunakan software PTV VISSIM 10.0.

1.5.Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1.      Mengetahui kapasitas ruas jalan Jetis.
2.      Mengetahui faktor-faktor urutan fase menggunakan software PTV VISSIM 10.0.
3.      Mengetahui rasio belok menggunakan software PTV VISSIM 10.0.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi