Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

120. Pengukuran Parameter Internal Super Kapasitor Sebagai Pengganti Baterai Telepon Selular Berdasarkan Karakteristik Pengisian dan Pengosongan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Super  kapasitor  merupakan  perangkat  baru  dalam  media  penyimpanan  energi. Super kapasitor diatur oleh persamaan dasar yang sama dengan kapasitor konvensional, tetapi super kapasitor memanfaatkan luas permukaan elektroda yang lebih dan dilektrik tipis untuk mencapai kapasitansi yang lebih besar. Hal ini memungkinkan kerapatan energi yang lebih besar dibandingkan dengan kapasitor konvensional dan kerapatan muatan yang lebih besar dibandingkan dengan baterai[1].
Sejauh ini para ahli telah melakukan penelitian terhadap super kapasitor, salah satunya penelitian tentang bagaimana mengukur parameter internal dari sebuah kapasitor dengan melihat karakteristik pengisian dan pengosongan dari super kapasitor tersebut dengan arus pengisian yang berbeda-beda. Namun jika dibutuhkan nilai tegangan yang lebih besar dari yang tersedia, maka pilihan satu-satunya adalah dengan menserikan beberapa super kapasitor agar mendapatkan nilai tegangan yang lebih besar.
Oleh sebab itu dalam Tugas Akhir ini, dilakukan simulasi terhadap baterai telepon selular untuk  mengetahui tegangan,  waktu  pengisian  dan  pengosongan  beterai  telepon selular. Setelah itu dapat dilakukan perhitungan parameter internal baterai telepon selular dan membandingkannya dengan parameter internal super kapasitor. 

1.2 Perumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah :
1. Melakukan pengukuran dengan cara simulasi dan perhitungan parameter internal baterai telepon selular berdasarkan karakteristik pengisian dan pegosongan.
2. Mencari data parameter internal super kapasitor agar dapat digunakan sebagai pengganti baterai telepon selular.
3. Membandingkan pengukuran dengan cara simulasi dan perhitungan parameter internal telepon selular berdasarkan karakteristik pengisian dan pengosongan dengan parameter internal super kapasitor yang di dapat dari jurnal internasional.

1.3 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk menganalisis karakteristik super kapasitor sebagai pengganti baterai telepon selular dengan mengamati karakteristik pengisian dan pengosongan.

1.4 Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam Tugas Akhir ini adalah :
1. Parameter internal baterai telepon selular yang diamati pada penelitian ini adalah baterai telepon selular lithium ion (3.8V, 2Ah).
2. Super kapasitor yang digunakan untuk mengganti baterai telepon selular lithium ion
(3.8V,2Ah) adalah super kapasitor 1500 F DLC.
3. Parameter internal yang diamati adalah tahanan, kapasitansi.
4. Rangkaian ekuivalen super kapasitor dengan baterai telepon selular dianggap sama.

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi