Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

135. Rancang Bangun Antena Mikrostrip Patch Segiempat Dengan Tipe Polarisasi Melingkar Menggunakan Metode Slot Diagonal

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Antena adalah suatu alat atau perangkat dalam sebuah sistem telekomunikasi yang berfungsi sebagai struktur transisi antara gelombang terbimbing dengan gelombang bebas, ataupun sebaliknya. Perkembangan antena telah sangat berpengaruh ke berbagai aspek kehidupan manusia. Penggunaan dan pemanfaatannya sudah sangat mutakhir di kalangan masyarakat. Salah satu antena yang banyak digunakan secara komersial dan sistem komunikasi saat ini adalah antena  mikrostrip  karena  sangat  ringan,  sederhana  dalam  pembuatannya  dan murah [1]. Di samping itu, antena mikrostrip merupakan radiator yang efisien. Pada co-polarization, antena mikrostrip mendukung kedua polarisasi linier dan sirkular  serta  mudah  diintegrasikan  dengan  gelombang  mikro  tanpa memperhatikan polarisasi pada pemancar dan penerima [2].
Polarisasi antena didefinisikan sebagai arah vektor medan listrik yang diradiasikan oleh antena pada arah propagasi. Jika jalur dari vektor medan listrik maju dan kembali pada suatu garis lurus dikatakan berpolarisasi linier. Jika vektor medan listrik konstan dalam panjang tetapi berputar di sekitar jalur lingkaran, dikatakan   berpolarisasi   lingkaran   atau   sirkular.   Jika   vektornya   berputar berlawanan arah jarum jam dinamakan polarisasi tangan kanan (right hand polarize) dan yang searah jarum jam dinamakan polarisasi tangan kiri (left hand polarize). Aplikasi yang memiliki polarisasi melingkar adalah RADAR (Radio Detection and Ranging), satelit, PCS (Personal Comunications System), DBS (Direct Broadcast Television), GPS (Global Positioning System) dan RFID (Radio Frequency Identification) [1].
GPS merupakan sistem radio navigasi dan penentuan posisi dengan menggunakan satelit. GPS menggunakan frekuensi 1,575 GHz dan terdapat di setiap permukaan bumi [3]. Perancangan antena mikrostrip ini bertujuan sebagai pengembangan teknologi mikrostrip yang mendukung sistem komunikasi satelit dan menangkap sinyal gelombang elektromagnetik termasuk yang berasal dari 

satelit.  GPS  sangat  membutuhkan  polarisasi  sirkular  agar  dapat  menerima gelombang peradiasi lebih cepat dan akurat [4].
Salah satu teknik membentuk polarisasi sirkular adalah dengan metode slot diagonal, yaitu dengan membuat celah secara diagonal pada patch. Jika bentuk patch dasar dicatu menggunakan slot diagonal, maka polarisasi yang dihasilkan adalah sirkular atau melingkar. Maka, untuk membentuk polarisasi sirkular, harus dilakukan modifikasi dengan pemberian slot diagonal dari sumbu pencatunya. Teknik ini dinilai lebih sederhana dalam perancangan karena memiliki sedikit parameter untuk membentuk polarisasi sirkular dan menggunakan slot diagonal sehingga tidak memiliki kompleksitas dari segi pencatuan serta tidak dibutuhkan pencatuan daya.
Penelitian yang terkait tentang jenis antena dengan polarisasi melingkar sudah pernah dilakukan, diantaranya adalah pada [5] dan [4]. Pada penelitian [5], tentang antena mikrostrip dengan tipe melingkar menggunakan teknik truncated corner dan slot diagonal yang dilakukan hanya masih secara simulasi. Adapun pada penelitian [4], Dual-band circularly polarize antenna combining slot and microstrip modes for GPS with HIS ground plane. Penelitian ini juga dilakukan secara simulasi.
Pada tugas akhir ini akan dirancang bangun antena mikrostrip patch segiempat dengan polarisasi melingkar menggunakan metode slot diagonal. Perancangan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak AWR Microwave Office 2004.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pada perancangan ini, terdapat beberapa masalah yang dapat dirumuskan antara lain yaitu:
1.    Bagaimana mendeskripsikan spesifikasi antena yang dibutuhkan untuk sistem
GPS (1,575 GHz)?
2. Bagaimana  mendefenisikan  antena  dengan  tipe  polarisasi  melingkar  dan menganalisis cara mengetahui bahwa sebuah antena memiliki karakteristik polarisasi melingkar? 
3. Bagaimana perancangan antena mikrostrip patch segi empat dengan metode slot diagonal untuk menghasilkan tipe polarisasi melingkar menggunakan simulator AWR Microwave Office 2004?
4. Bagaimana pengujian hasil rancangan antena mikrostrip patch segi empat dengan metode slot diagonal yang memiliki tipe polarisasi melingkar?

1.3  Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan Tugas Akhir ini adalah untuk merancang antena mikrostrip  patch  segiempat  dengan  tipe  polarisasi  melingkar  menggunakan metode slot diagonal untuk aplikasi GPS (1,575 GHz).

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi