Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pola Makan Pada Ibu Hamil dengan Hyperemasis Gravidarium Dan Anemia Di Wilayah Puskesmas Cunda Muara Dua Lhoksumawe Aceh (NAD)

ABSTRAK
Hyperemesis gravidarum adalah mual dan muntah yang berlebihan diawal kehamilan. Umumnya gangguan mual muntah tersebut bisa berlangsung hingga minggu ke 20 kehamilan, yang ditandai dengan mual yang tidak terkendali serta muntah-muntah hampir dua puluh kali setiap harinya. Pola makan ibu hamil yang mengalami hyperemesis gravidarum perlu diperhatikan, karena selama hamil kebutuhan akan energi dan zat gizi lainnya meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola makan pada ibu hamil yang hyperemesis gravidarum dan anemia di wilayah Puskesmas Cunda Muara Dua Lhokseumawe (NAD) tahun 2008.
Penelitian ini merupakan survai bersifat deskriptif yang dilakukan dengan desain cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah ibu-ibu yang mengalami hyperemesis gravidarum yang berdasarkan data bulan Maret-Mei 2008 yang berjumlah 150 orang, sedangkan sampel berjumlah 59 orang yang diambil secara random sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan formulir food frequency dan food recall makan serta pengukuran HB. Selain itu juga menggunakan data sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola makan ibu hamil baik dari segi jenis bahan makanan maupun frekuensi makan, tidak berbeda jauh pada setiap tingkatan hyperemesis. Diperoleh hasil bahwa ibu hamil yang mengalami hyeperemesis, pola makan dengan tingkat asupan energi cukup sebanyak (40,7%) dan kategori tidak cukup (59,3%). Untuk tingkat asupan protein diperoleh (52,5%) kategori cukup dan (47,5%) dengan kategori tidak cukup. Sedangkan dari hasil penilaian anemia dengan menggunakan pengukuran Hb diperoleh yang mengalami anemia ringan (25,4%), anemia sedang (20,3%), anemia berat (13,6%) sedangkan yang tidak terkena anemia sebanyak (40,7%).
Diharapkan petugas kesehatan yang menangani ibu hamil yang mengalami hyperemesis gravidarum dapat memberikan petunjuk pengaturan pola makan (diit) yang benar sesuai kondisi ibu hamil tersebut.File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi