Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Sistem Pengolahan Limbah Cair, Padat Dan Gas Di Bagian Eksplorasi Produksi (EP)-I Pertamina Pangkalan Susu Tahun 2008

ABSTRAK
Pembangunan yang pesat saat ini adalah industrialisasi, dimana dapat menyebabkan dampak terhadap lingkungan. Akan tetapi pertumbuhan industri tidaklah diiringi dengan pengendalian terhadap dampak negatifnya yaitu limbah. Limbah yang terdiri dari limbah cair, padat dan gas yang dihasilkan dapat mencemari badan air, tanah dan udara, karena itu industri tersebut harus mempunyai unit pengolahan limbah dan mengadakan pengawasan dengan pemeriksaan laboratorium minimal satu (1) kali sebulan.
Yang menjadi sumber pencemaran di PT. Pertamina EP Pangkalan Susu untuk limbah cair berasal dari proses produksi kegiatan sumur minyak. Limbah padat berasal dari limbah bahan berbahaya beracun (B3) dan limbah sludge, bottom ash. Untuk limbah gas berasal dari cerobong kompressor, cerobong generator dan cerobong incinerator. Dari hasil pemantauan tahun 2007, telah memenuhi syarat baku mutu limbah cair yang ditetapkan Menteri Lingkungan Hidup. Jenis penelitian ini adalah survai yang bersifat deskriptif dimana peneliti ingin mengetahui gambaran pengolahan limbah cair, padat dan gas pada PT. Pertamina EP Pangkalan Susu, pengambilan data melalui observasi dan wawancara di bagian umum, laboratorium, unit pengolahan limbah dengan melihat data tahun 2007 serta membandingkannya dengan baku mutu yang telah ditetapkan Menteri Lingkungan Hidup yaitu baku mutu limbah cair KepMen No.04/MENLH/2007, baku mutu limbah B3 PPRI No.18/1999 dan untuk baku mutu emisi sumber tidak bergerak yaitu PPRI No.41/1999.
Dari data yang diperoleh di PT. Pertamina EP Pangkalan Susu untuk limbah cair pada tahun 2007 COD = 40,68 mg/l, Minyak dan lemak = 11,64 mg/l, H2S = 0,16 mg/l, NH3-N = 0,87 mg/l, Phenol Total = 0,09 mg/l, Suhu = 28ºC , pH = 7,2, TDS = 480 mg/l. Limbah padat akan dikelola pihak ketiga. Limbah padat tersebut sementara disimpan di gudang PT. Pertamina EP Pangkalan Susu. Untuk limbah gas pada tahun 2007 kualitas udara ST Booster P. Susu kadar NO2 = 46,82 μg/Nm³, SO2 =76,09 μg/Nm³, Debu = 42,4 μg/Nm³, CO = 296 μg/Nm³.
Dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa sistem pengolahan limbah cair PT. Pertamina EP Pangkalan Susu adalah tahap pengolahan pendahuluan, dimana proses pengolahan limbah cair hanya berdasarkan pada perbedaan berat jenis antara minyak dengan air, dimana berat jenis minyak lebih kecil daripada berat jenis air. Pengolahan limbah domestik dan limbah B3 akan melakukan kerja sama dengan pihak ketiga. Limbah padat tersebut sementara disimpan di gudang limbah B3. Pengolahan limbah gas cerobong dilengkapi sampling hole, dan cerobong dilengkapi sarana pendukung sampling emisi. Disarankan untuk melakukan perawatan jalur pipa secara rutin, peningkatan penghijauan dan tetap melakukan pemantauan kualitas lingkungan.File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi