Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

Pengaruh Waktu Pengikatan Tali Pusat Terhadap Kadar Serum Feritin Bayi Baru Lahir

ABSTRAK
Latar belakang. Anemia defisiensi besi (ADB) adalah anemia yang disebabkan oleh kurangnya besi yang diperlukan untuk sintesis hemoglobin (Hb) dan merupakan kelainan hematologi yang paling sering terjadi pada bayi dan anak. Pengukuran status besi adalah dengan mengukur kadar serum feritin karena feritin merupakan salah satu bentuk cadangan besi. Status besi pada bayi juga dipengaruhi status ibu selama masa kehamilan. Salah satu cara perbaikan status besi bayi dimulai selama masa kehamilan atau awal kelahiran adalah dengan penundaan pengikatan tali pusat, karena dapat mempengaruhi volume darah yang ditransfer melalui plasenta.Walaupun waktu optimal pengikatan tali pusat masih menjadi perdebatan, tetapi para praktisi melakukan segera setelah bayi lahir. Pengertian dari pengikatan tali pusat “segera” pada penelitian ini adalah 15 detik sedangkan pengikatan tali pusat “terlambat” adalah 2 menit. Pengikatan tali pusat tertunda(2 menit) dapat menurunkan terjadinya ADB pada bayi baru lahir.
Tujuan. Mengetahui pengaruh waktu pengikatan tali pusat terhadap kadar serum feritin bayi baru lahir.
Bahan dan cara kerja. Suatu penelitian uji klinis acak sederhana tersamar tunggal yang dilakukan sejak bulan September 2009 sampai November 2009, di dua RSU (RSUP H.Adam Malik dan RSUP dr Pirngadi) di Medan, propinsi Sumatera Utara, dilakukan pada bayi baru lahir yang memenuhi kriteria, secara acak bayi dibagi atas dua kelompok, yaitu kelompok I yang dilakukan pengikatan tali pusat dini (15 detik setelah lahir) atau tertunda (2 menit setelah lahir) pada kelompok II. Bayi diletakkan di atas perut ibu sebelum dilakukan pemotongan tali pusat dan kadar serum feritin bayi diukur dari darah vena umbilikal yang diambil 24-48 jam setelah lahir.
Hasil. Dari total 60 bayi, diperoleh 30 bayi pada kelompok I dan 30 bayi pada kelompok II. Nilai rerata serum feritin pada kelompok I 329 (181,3) mg/dl dan 556 (463) mg/dl pada kelompok II (95% IK: 45,1  409,2; P=0,015).
Kesimpulan. Ada perbedaan bermakna pada kadar serum feritin antara pengikatan tali pusat dini dan tertunda.
Kata kunci. Waktu pengikatan tali pusat, kadar serum feritin, bayi baru lahir.
UniversitasFile Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi