Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

161. Sistem Pengolahan Dana Pensiunan Guru Pada PT.Taspen (Persero) Cabang Utama Medan


BAB 1
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) cenderung dikaitkan dengan komputer yang sangat penting penggunaannya diperusahaan-perusahaan yang khusus bertujuan memperoleh laba demi untuk menjaga kontinuitas dan pengembangan. Sebagaimana kita ketahui untuk kesejahteraan pegawai atau karyawan, dana pensiun adalah juga termasuk faktor utama pada perusahaan, baik instansi Pemerintah maupun Swasta. Dimana setiap aktivitas yang dilaksanakan dalam setiap perusahaan selamanya diarahkan untuk mencapai tujuan terakhir. yaitu mempertahankan kontinuitas dari suatu perusahaan maka dapat dipertahankan apabila perusahaan tersebut dapat memperoleh laba.

Pemberian pensiun kepada pegawainya bukan saja hanya memberikan kepastian penghasilan dimasa datang, akan tetapi juga ikut memberikan motivasi bagi para pegawainya untuk lebih giat bekerja. Dengan memberikan program jasa pensiun maka para pegawai merasa aman, terutama bagi mereka yang menganggap pada usia pensiun sudah tidak produktif lagi.

Demikian juga halnya pada PT. Taspen (Persero) Cabang Utama Medan yang bergerak dalam bidang Tabungan Asuransi Pegawai Negeri, mempunyai potensi yang sangat menentukan kelancaran pelaksanaan pembangunan nasional sehingga senantiasa perlu dibina dan dikembangkan kesejahteraanya. Upaya untuk mewujudkan peningkatan antara lain dalam bentuk program pensiunan dan penerapan sistem yang dapat melindungi para penerima pensiunan. Salah satu dari penerima pensiun tersebut adalah guru.
Guru adalah pegawai negeri yang berada dibawah naungan Depdiknas. Guru merupakan orang yang diserahi tanggung jawab untuk mendidik. Mengingat pentingnya peranan guru dalam mendidik maka kepadanya diberikan dana pensiunan. Dari beberapa faktor tersebut, maka timbul beberapa masalah yang berhubungan dengan pengolahan dana pensiunan guru, yang mana pengolahan dana tersebut pada PT. Taspen (Persero) Cabang Utama Medan belumlah efisien, dimana dalam pengolahan dana pensiunan guru masih dilakukan secara manual, sehingga dapat menghambat kegiatan dan informasi yang dibutuhkan menjadi lambat dan kesalahan dalam pengolahannya sering terjadi.

Dengan adanya komputer dapat membantu dalam pengolahan dana pensiunan guru, sehingga informasi maupun keterangan dapat dilakukan dengan cepat dan tujuan yang diharapkan oleh pimpinan PT. Taspen (Persero) Cabang Utama Medan dapat dilaksanakan dengan baik. Melihat bahwa dana pensiun merupakan salah satu faktor untuk memajukan kesejahteraan, maka penulis mencoba mengungkapkan objek dari studi ini dengan judul “SISTEM PENGOLAHAN DANA PENSIUNAN GURU PADA PT. TASPEN (PERSERO) CABANG UTAMA MEDAN”.

1.2 Rumusan Masalah
Didalam setiap perusahaan-perusahaan kita tidak akan terlepas dari permasalahan-permasalahan maupun hambatan-hambatan dalam mendapatkan informasi mengenai pada PT.Taspen (Persero) Cabang Utama Medan, dimana masalah ataupun hambatan yang ada dalam pengolahan dana pensiun PT.Taspen (Persero) Cabang Utama Medan dapat menghambat pekerjaan.

Adapun masalah-masalah tersebut dapat dirumuskan sebagai berikut :
a) Bagaimana melakukan pengolahan dana pensiunan guru dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.
b) Bagaimana mengurangi kesalahan-kesalahan dalam pengolahan dana pensiunan.
c) Bagaimana memperoleh informasi secara cepat dan akurat tentang pensiunan guru.
1.3 Tujuan Studi
Adapun tujuan dari penulis lakukan adalah :
a) Untuk mengetahui bagaimana sistem yang sedang berjalan didalam perusahaan tersebut.
b) Untuk mengetahui masalah-masalah serta hambatan-hambatan yang dihadapi dalam kegiatan pengolahan dana pensiun.
c) Untuk merancang sistem baru untuk mempermudah masalah yang sedang dihadapi dengan menggunakan bahasa pemrograman Ms. Visual basic 6.0.

1.4 Manfaat Studi
Adapun manfaat yang diperoleh dari hasil studi adalah sebagai berikut :
a) Sebagai bahan masukan bagi perusahaan untuk mempertimbangkan sistem yang lama dengan sistem yang baru.
b) Sebagai bahan masukan bagi perusahaan dalam mendapatkan suatu program yang lebih efektif dan efisien serta ketepatan dan kecepatan didalam memperoleh informasi untuk pembuatan dan pengolahan dana pensiunan guru.
c) Bagi penulis untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan dalam pengolahan dana pensiunan guru pada PT. Taspen (Persero) Cabang Utama Medan.

1.5 Ruang Lingkup
Dalam melakukan studi ini penulis akan membahas ruang lingkup studi mengenai Pengolahan Dana Pensiunan Guru yang terdiri dari data pensiun, data pewaris dan data transaksi pada wilayah kotamadya Medan Pada PT.Taspen (Persero) Cabang Utama Medan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi