Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

162. Sistem Pengolahan Data Pemeliharaan Jalan, Jembatan Dan Lingkungan Tol PT. Jasa Marga (Persero) Bandung


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

PT Jasa Marga (Persero) adalah perusahaan yang berfungsi sebagai penyelenggara jalan tol di Indonesia. Dalam pelaksanaannya diperlukan berbagai fasilitas yang dapat menunjang penyelenggaraan jalan tol. Diantaranya dengan keadaan jalan, jembatan dan lingkungan tol yang harus selalu diperhatikan kenyamanan dan kebersihannya. Dalam hal ini di PT. Jasa Marga (Persero) terdapat bagian pemeliharaan yang bertugas untuk menjaga segala hal yang dapat mengganggu penggunaan jalan tol.

Dalam usaha agar penggunaan jalan tol tetap terjaga kelancarannya, perlu adanya penanganan dari bagian pemeliharaan yang dilakukan secara efektif dan efisien. Pemeliharaan yang dilakukan adalah dengan memeriksa, memantau dan menganalisa bagian-bagian jalan, jembatan dan lingkungan tol setiap periode. Dari pengumpulan data yang didapat, bagian pemelihara menganalisa untuk dapat mengambil kesimpulan apakah jalan, jembatan dan lingkungan tol masih layak pakai atau harus diperbaiki. Dalam hal ini diperlukan suatu informasi yang dapat membantu pelaksanaan analisa dari data yang diperoleh.

Latar belakang penulisan Tugas Akhir ini adalah membantu bagian-bagian yang terlibat dalam pengolahan data bagian pemeliharaan secara maksimal. Mengingat laporan dari tiap sub bagian yang tidak sedikit dan harus terpelihara, maka diambil alternatif untuk mengimplementasikan masalah informasi data yang didapat sebagai materi dari Tugas Akhir ini. Adapun judul dari laporan ini adalah “Sistem Informasi Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Lingkungan Tol PT. Jasa Marga (Persero) Bandung”.

1.2 Identifikasi Masalah

Mengidentifikasi permasalahan yang ada merupakan langkah pertama dalam perancangan suatu sistem. Adapun kelemahan-kelemahan yang dihadapi dari sistem informasi yang sedang berjalan pada saat ini adalah :
1. Keterlambatan penyerahan laporan-laporan yang menyebabkan tugas-tugas pada bagian pemeliharaan menjadi terhambat.
2. Pembuatan laporan masih dirasakan lambat, sehingga mempengaruhi informasi yang dibutuhkan.
3. Terdapatnya penumpukan laporan-laporan yang dapat menghambat penganalisaan dan sulit mencari berkas-berkas per periode.
4. Memiliki komputer yang tidak dipergunakan semaksimal mungkin.

1.3 Maksud dan Tujuan Penelitian

Maksud dari penelitian yang dilakukan adalah untuk membuat sistem informasi, berupa perangkat lunak tentang pengolahan data pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan tol. Juga sebagai salah satu syarat kelulusan Program Pendidikan Strata I di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung.
Adapun Tujuan yang ingin dicapai dalam perancangan sistem Pemeliharaan Jalan, Jembatan dan Lingkungan Tol PT. Jasa Marga (Persero) Bandung ini adalah sebagai berikut :
a. Meningkatkan efektifitas kegiatan pengolahan data pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan Tol secara lebih terarah dan terpadu yang dapat memberikan informasi yang berguna baik itu untuk team inspeksi maupun untuk PT. Jasa Marga.
b. Mempermudah Sub Bagian pemeliharaan Fasilitas Operasi dalam mengolah data yang berhubungan dengan pemeliharaan.
c. Membuat sebuah perangkat lunak sistem informasi pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan Tol agar kegiatan pemeliharaan dapat berjalan dengan baik dan lancar.

1.4 Batasan Masalah

Masalah yang ada dalam perancangan sistem informasi pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan tol PT. Jasa Marga (Persero) Bandung ini dibatasi pada ruang lingkup :
a. Sistem yang dibahas hanya pada sistem pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan tol yang terdapat PT. Jasa Marga (Persero) Bandung.
b. Perancangan dan pengembangan sistem informasi pemeliharaan jalan, jembatan dan lingkungan tol diterapkan hanya pada personal komputer tidak menggunakan sistem jaringan.
c. Penelitian dilakukan di Sub Bagian Pemeliharaan Fasilitas Operasi yang terlibat langsung dalam kegiatan pemeliharaan.

1.5 Tempat Penelitian

Tempat penelitian dilakukan di PT. Jasa Marga (Persero) (Indonesia Highway Corporation) Cabang Padaleunyi – Citarum, Plaza Tol Pasteur Jl. DR.Djundjunan Bandung 40164, PO BOX 6729/BDCP Jawa Barat, telepon (022) 211251, fax (022) 211433.

1.6 Metodologi Penelitian

Di dalam melakukan suatu perancangan sistem informasi diperlukan adanya suatu metodologi. Metodologi diperlukan sebagai alat bantu untuk memudahkan pekerjaan didalam melakukan perancangan suatu sistem informasi.
Metodologi penelitian yang digunakan dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini yaitu dengan cara sebagai berikut :
1. Metode pengumpulan data, yaitu :
1. Observasi, melakukan pengamatan dan penelitian secara langsung sistem pengolahan informasi jalan, jembatan dan lingkungan tol.
2. Wawancara, mengadakan tanya jawab secara langsung antara penulis dengan bagian pemeliharaan.
3. Studi Literatur, melakukan pengumpulan data dengan membaca buku-buku dan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan permasalahan yang ada.
4. Studi Dokumentasi, mengumpulkan data melalui arsip-arsip yang berhubungan dengan objek penelitian.


2. Metode Pengembangan Perangkat lunak.

Metoda yang digunakan adalah metoda water-fall, yaitu pengumpulan data–data yang diperlukan yang terdiri atas :
a. Rekayasa Sistem, merupakan kegiatan untuk menentukan informasi apa yang dibutuhkan oleh sistem
b. Analisis sistem, dilakukan untuk memperoleh informasi tentang sistem, menganalisis data–data yang ada dalam sistem yang berhubungan dengan kegiatan pemeliharaan. Informasi yang dikumpulkan terutama mengenai kelebihan dan kekurangan sistem.
c. Perancangan sistem, merupakan perancangan sistem baru berdasarkan data-data yang telah dikumpulkan pada tahap sebelumnya dengan cara merancang perangkat lunak diantaranya Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), Entity Relationship Diagram (ERD), Struktur File, Struktur Menu, Struktur Program, Merancang input dan rancangan Output.
d. Implementasi, yaitu suatu kegiatan untuk merancang program aplikasi yang didalamnya memuat pengkonversian data kedalam sistem yang baru dan pengkonversian sistem secara berkala termasuk dalam hal pemeliharaan sistem itu sendiri.
e. Testing, yaitu kegiatan untuk melakukan pengetesan program yang sudah dibuat, apakah sudah benar atau belum, sudah sesuai atau belum diuji dengan cara manual jika testing sudah benar maka program boleh digunakan.
f. Maintenance, yaitu merupakan suatu kegiatan untuk penyempurnaan program dari kekurangan-kekurangan, dan pembenahan dari kesalahan-kesalahan kecil yang terjadi dari sebuah program.

1.7 Sistematika Penulisan
Pada dasarnya, penyusunan sistematika penulisan bertujuan untuk memudahkan para pembaca dalam mengikuti apa yang dipaparkan dalam laporan tugas akhir ini. Sistematika penulisan tugas akhir ini disusun sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini, berisikan gambaran umum penelitian yang dilakukan meliputi latar belakang masalah, identifikasi masalah, tujuan penelitian, batasan masalah, waktu dan tempat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan yang merupakan panduan dalam penyusunan landasan teori.

BAB II LANDASAN TEORI
Berisikan beberapa teori sistem yang mencakup klasifikasi sistem, elemen- elemen sistem, karakterisitik sistem, teori tentang informasi, konsep dasar sistem informasi manajemen, konsep pengolahan data, data flow diagram, konsep database dan teori-teori yang berkaitan dengan permasalahan sehingga dapat digunakan sebagai landasan pengumpulan data serta analisis permasalahan.

BAB III ANALISIS SISTEM
Dalam bab ini menganalisa objek penelitian yang membahas tentang batasan sistem, analisis prosedur yang menjelaskan uraian prosedur, Bagan Alir Dokumen, Analisis Dokumen yang menjelaskan dokumen masukan dan dokumen keluaran. Kelemahan sistem yang berjalan, usulan sistem dan analisis kebutuhan sistem.

BAB IV PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini berisikan rancangan prosedur, Bagan Alir Dokumen baru, Rancangan dokumen masukan maupun keluaran yang baru serta rancangan kodefikasi. Rancangan terperinci yang mencakup diagram konteks dan data flow diagram (DFD), analisis database yang mencakup entity relationship diagram, perancangan struktur program, perancangan struktur file, perancangan struktur menu, perancangan antar muka yang mencakup masukan dan keluaran.

BAB V IMPLEMENTASI
Berisikan kaitan antara rancangan sistem yang dibuat dengan program yang telah dibuat. Dalam implementasi diuraikan tentang pemilihan bahasa pemrograman yang digunakan, perangkat keras yang diperlukan, pemrograman dan pengetesan program, konversi sistem, pemilihan personil, evaluasi sistem dan pemeliharaan sistem.

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
Berisikan tentang kesimpulan dari seluruh pembahasan yang telah dilakukan serta saran–saran yang mengacu pada rancangan yang telah diusulkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi