Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

180. Implementasi Aplikasi Informasi Pertukaran Mata Uang Asing Pada Telepon Seluler Berbasis WAP


BAB I
PENDAHULUAN



A. Latar Belakang Masalah

Perkembangan teknologi komputer dan komunikasi sekarang ini semakin tidak bisa dibendung lagi, hal ini karena pertambahan jumlah manusia semakin lama semakin meningkat. Selain itu perkembangan pengetahuan manusia semakin meningkat. Lebih dari itu, kebutuhan manusia akan sarana dan prasarana komunikasi yang praktis dan efisien memicu terjadinya perkembangan teknologi komunikasi, ditambah lagi dengan dukungan teknologi komputer.

Sejalan dengan perkembangan pembangunan teknologi dan telekomunikasi pada khususnya, maka teknologi internet pun tidak hanya melalui komputer, melainkan dapat juga dengan menggunakan device melalui sebuah komputer, seperti telepon seluler. PDA (Personal Data Asisten) yang dikenal dengan teknologi Wireles Internet Acces memungkinkan mekaskses internet pada alat tersebut.

Dengan adanya peningkatan akan kebutuhan informasi, manusia pun tidak mau ketinggalan, sehingga mereka terus mengadakan penelitian dan pengembangan dalam rangka mencari alternatif dalam mengakses informasi, internet khususnya secara cepat dan mudah tanpa harus melalui komputer, salah satunya teknologi Wireles Application Protocol (WAP) yang digunakan pada telepon seluler. Dengan teknologi WAP ini, kegitan untuk mendapatkan informasi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Meskipun teknologi WAP ini masih tergolong baru (awal tahun 2000), namun teknologi WAP ini sudah sanggup menggeser komputer sebagai alat untuk mendapatkan informasi internet. WAP memungkinkan para pengguna telepon seluler untuk melakukan akses internet serta menjalankan berbagai fasilitas yang ada pada internet.

Berdasarkan alasan tersebut diatas, maka penulis mengangkat permasalahan ini dengan judul “Implementasi Aplikasi Informasi Pertukaran Mata Uang Asing Pada Telepon Seluler Berbasis Wap” sebagai judul skripsi.

B. Identifikasi Masalah
Implementasi Aplikasi Informasi Pertukaran Mata uang Pada Telepon Seluler Berbasis Wap akan dapat berjalan dengan baik apabila :
1. Aplikasi diakses melalui telepon seluler yang memiliki fasilitas WAP dan GPRS.
2. Update data dilakukan melalui Komputer server.
3. Visualisasi program dilakukan dengan menggunakan software WAP Emulator.

C. Batasan Masalah
Adapun batasan masalah dalam pembahasan skripsi dengan judul “Implementasi Aplikasi Informasi Pertukaran Mata Uang Asing Pada Telepon Seluler Berbasis Wap” ini yang akan dibuat dengan bahasa pemrograman PHP dan WML.
Dari segi pembuatan dan perancangan aplikasi ini akan dapat berjalan pada perangkat komputer bergerak yang berbasis WAP dan GPRS, karena fasilitas tersebut yang dapat mendukung aplikasi ini kelak, ataupun aplikasi lainnya.

D. Rumusan Masalah
Dapat dibuat desain aplikasi informasi pertukaran mata uang pada telepon seluler berbasis WAP yang akan memungkinkan adanya suatu implementasi aplikasi berbasis WAP.

E. Tujuan Penelitian
1. Mendesain dan merancang suatu aplikasi yang praktis, serta dapat digunakan pada perangkat kecil telekomunikasi berjalan kepada penggunanya.
2. Membuat aplikasi praktis dengan dukungan teknologi telepon seluler berbasis WAP dalam memberikan informasi kepada penggunanya.

F. Kegunaan Hasil Penelitian
Hasil penelitian ini kelak, diharapkan dapat memeberikan manfaat bagi para pengguna telepon seluler, khususnya bagi orang orang yang membutuhkan informasi pertukaran mata uang.
Selain itu, penelitian ini juga bermanfaat menambah informasi ilmiah tentang teknologi WAP pada telepon seluler.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi