Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

182. Aplikasi Sistem Regristrasi KRS Pada Handphone


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Perkembangan teknologi pada saat ini semakin pesat saja, salah satunya adalah teknologi wireless, yang dapat diterapkan pada perangkat-perangkat mobile, seperti handphone, PDA (Personal Digital Assistance), dan lain-lain. Teknologi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan akan akses informasi yang cepat, kapan saja, dan dimana saja.

Teknologi Java merupakan sebuah teknologi yang berkembang sangat pesat akhir-akhir ini. Bahkan belakangan ini dikabarkan berusaha mengalahkan Microsoft yang terkenal sebagai champion dari produsen operating system dimuka bumi ini. Teknologi Java yang pada awalnya dikenal untuk aplikasi pada desktop (J2SE) ataupun pada application server (J2EE), kini hadir dengan teknologi terbarunya, J2ME™ Platform, untuk pembangunan aplikasi pada mobile device seperti mobile phone dan PDA.

J2ME (Java 2 Micro Edition) merupakan salah satu teknologi Java yang dikembangkan untuk memungkinkan aplikasi-aplikasi Java bisa berjalan di perangkat-perangkat mobile, dimana perangkat-perangkat tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda dengan komputer biasa, misalnya kecilnya jumlah memori, dan juga merupakan salah satu kekuatan yang dimiliki Java, yang memungkinkan Java dijalankan pada sistem operasi apapun tanpa perlu melakukan kompilasi ulang program Java yang dibuat. Karakteristik tersebut sangat tepat untuk lingkungan mobile device, karena platform yang digunakan berbeda-beda, sehingga aplikasi yang telah dirancang dapat dijalankan dimana saja. Tidak seperti aplikasi WAP, aplikasi J2ME tidak membutuhkan koneksi secara berkala karena ada pemisahan antara interface client dan proses di server. Sehingga koneksi ke databasenya pun bisa menggunakan database embedded di mobile devices (database Record Management System) atau bisa juga menggunakan database server bila membutuhkan koneksi dengan server.

Hal tersebut yang menjadi pertimbangan penulis untuk mengembangkan sistem registrasi KRS yang memanfaatkan teknologi wireless yaitu teknologi J2ME, untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan registrasi KRS pada setiap pergantian semester.

1.2 Perumusan Masalah
Permasalahan yang dijadikan objek penelitian pada karya tulis ini adalah bagaimana membangun sistem registrasi pada handphone dengan teknologi J2ME yang up to date dengan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan versi, jika sesuai maka user dapat melanjutkan pada proses berikutnya, tetapi jika tidak maka sistem akan secara otomatis menyesuaikan versi tersebut.

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dari Karya tulis ini adalah :
1. Membangun sistem registrasi KRS pada hndphone dengan teknologi J2ME.
2. Membantu mahasiswa dalam melakukan registrasi KRS pada pergantian semester, dengan demikian mahasiswa dapat melakukan proses registrasi KRS di mana saja.
3. Membangun sistem registrasi yang up to date

1.4 Batasan Masalah
Dalam penelitian Karya tulis ini, objek dibatasi dengan ruang lingkup sebagai berikut :
1. Hanya melayani KRS secara reguler (semester ganjil / semester genap )
2. Tidak membahas lebih lanjut tentang relasi dan regulasi antar pihak-pihak yang berada di belakang sistem, seperti pengajaran, keuangan dan lain-lain.
3. Mobile device yang dipakai adalah handphone yang direpresentasikan dengan Emulator J2ME Wireless Toolkit
4. Handphone hanya menangani user interface dan koneksi ke server database, dan semua proses dilakukan di server.
5. Mekanisme registrasi kuliah mengikuti aturan-aturan yang berlaku di STMIK AKAKOM.
6. Tidak membahas lebih lanjut masalah keamanan jaringan.

1.5 Metodologi Penulisan
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan karya tulis ini adalah :
1. Pengumpulan data yang akan dibutuhkan untuk memperoleh gambaran sistem yang sudah ada dan data yang dibutuhkan untuk pengembangannya.
2. Studi literatur untuk mendukung analisis dan perancangan yang digunakan
3. Pembuatan aplikasi berupa prototype dengan menggunakan analisa terstruktur meliputi tahapan :
- analisis
- desain
- coding
- testing
4. Pembuatan dokumentasi dari aplikasi yang dibuat.

1.6 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan karya tulis ini dibagi dalam beberapa bagian sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menguraikan tentang Latar Bekang Masalah, Pokok Masalah, Batasan Masalah, Maksud dan Tujuan, Metode Pengumpulan Data dan Sistematika Penulisan Karya Tulis.

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini memuat berbagai dasar teori yang mendukung dan mendasari penulisan dan pengembangan sistem Karya tulis ini.

BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini berisikan tentang Perancangan Sistem, Bagan Alir Sistem, Perancangan Basis data, Rancangan Masukan dan Rancangan Keluaran.

BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Bab ini berisikan mengenai Program yang telah dibuat berdasarkan Perancangan Sistem yang telah dibuat guna menyelesaikan masalah yang ada.

BAB V PENUTUP
Meliputi kesimpulan dan saran bagi pengembangan program Aplikasi sistem Regristrasi KRS pada Handphone dengan menggunakan J2ME di STMIK AKAKOM.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi