Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

183. Aplikasi Situs Alumni Menggunakan Bahasa Pemrograman


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Era Informasi. Informasi merupakan salah satu kata kunci pada akhir abad ini. Semua kegiatan kita memerlukan informasi dan dapat disimpulkan bahwa semua kegiatan kita harus menghasilkan informasi. Untuk mendapatkan informasi, komputer dan teknologinya adalah salah satu alat bantu yang handal dan akurat. Penggunaanya pada jaman sekarang ini dapat kita lihat dalam berbagai bidang, kalangan dan usia. Tuntutan akan kebutuhan informasi dan penggunaan komputer yang semakin banyak mendorong terbentuknya sebuah jaringan komputer yang mampu melayani berbagai kebutuhan tertentu. Dengan adanya jaringan komputer, pengelolaan informasi dapat berlangsung lebih baik lagi. Berkembangnya teknologi dan kebutuhan akan informasi menyebabkan bertambah kompleksnya informasi yang harus dan yang bisa diolah, sehingga kebutuhan penggunaan jaringan komputer secara bersama-sama semakin diperlukan. Pengunaan jaringan komputer secara bersama-sama ini bertumbuh membentuk jaringan computer yang amat besar yang tersebar diseluruh bagian muka bumi ini.

Jaringan komputer seperti ini kita kenal dengan nama internet. Internet dapat diakses dan dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, oleh siapa saja, dimana saja, kapan pun kita mau menggunakannya. Berbagai macam teknologi internet dapat digunakan, salah satunya adalah World Wide Web (sering disebut sebagai “web” saja) yang mampu menyediakan informasi dalam bentuk teks, gambar, suara, maupun gambar bergerak. Dengan kemampuan seperti ini, web menjadi sangat terkenal dan berkembang begitu pesatnya. Dengan terus melajunya roda perkembangan teknologi, web berkembang menjadi alat bantu yang tidak hanya mampu menyediakan informasi, namun juga mampu untuk mengolah informasi. Proses pengolahan informasi dengan memanfaatkan teknologi web menyebabkan web menjadi media informasi yang dinamis. Hal ini membutuhkan penggunaan sarana teknis yang menentukan. Sarana tersebut banyak bergantung pada penggunaan perangkat lunak yang kuat, aman, terpercaya, dan tepat. Perangkat lunak penentu yang dibutuhkan antara lain adalah sebuah server-side scripting language atau disebut sebagai CGI (Common Gateway Interface), yang banyak tersedia dipasaran seperti Perl, ASP (Active Server Page), Cold Fusion, Phyton dan PHP.

Pada kesempatan ini penulis ingin membahas tentang pembuatan alumni yang merupakan sebuah tempat atau sarana komunikasi antar sesama alumni untuk saling tukar-menukar informasi dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP sebagai salah satu perangkat lunak yang turut menentukan bisa digunakannya media web sebagai media pengolah informasi yang dinamis.

1.2 Pokok Masalah

Merancang aplikasi situs alumni secara online, serta penyajian informasi tentang para alumni , informasi berita dari alumni, informasi photo-photo kegiatan alumni dan informasi lainnya di Situs Alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta melalui internet dengan menggunakan bahasa PHP sebagai bahasa pemrograman web.

1.3 Batasan Masalah

Dalam pembuatan situs alumni ini ada beberapa batasan masalah yang akan diambil oleh penulis yang tetap mengacu pada pokok permasalahan yang telah dirumuskan, yaitu terdriri dari tiga sub pokok permasalahan adalah sebagai berikut.
1. Visitor Area terdiri dari :
a. sekilas profil Kampus STMIK AKAKOM Yogyakarta,
b. pengisian Buku Tamu,
c. berita ( Kabar, Kegiatan, Kesuksesan Alumni).
d. halaman Alumni ( Photo, Nama, Alamat, Pekerjaan),
e. halaman Galeri (Photo-photo Kegiatan Alumni), dan
f. halaman Contact ( Administrator).
2. Member Area terdiri dari :
a. halaman Profil ( Nama, Alamat, Password),
b. halaman Berita ( Artikel, Kabar, Kesuksesan, Kirim, Edit), dan
c. halaman Contact ( Administrator dan Sesama Member).
3. Administrator Area terdiri dari :
a. halaman Pengelola Member ( Mengedit, Hapus Member),
b. halaman Berita ( Mengedit Kabar, Artikel yang masuk, termasuk mengirim artikel baru),
c. halaman Contact ( Mengirim pesan secara menyeluruh maupun personal), dan
d. halaman Statis ( Mengelola isi situs bersifat statis yang terdiri dari profil dan alamat contact).

1.4 Tujuan Penulisan

Adapun tujuan secara umum merupakan sebagai salah satu syarat yang harus ditempuh oleh seorang mahasiswa dalam menyelesaikan studinya bagi mahasiswa program S-1 jurusan Sistem Informasi STMIK AKAKOM Yogyakarta. Dan secara khusus, penulis merasa penting adanya pembuatan suatu situs alumni berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, yang mana sebagai sarana informasi bagi para alumni untuk saling tukar-menukar informasi dalam hal dunia kerja yang mengacu pada perkembangan alumni STMIK AKAKOM Yogyakarta serta penulis ingin mendapatkan informasi dari para alumni dan menambah wawasan dalam pembuatan suatu situs web.

1.5 Metode Pengumpulan Data

Demi kelancaran penyusunan karya tulis ini, maka diperlukan data-data dan informasi yang cukup mengenai permasalahan yang akan dibahas agar sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini penulis menyampaikan bahwa semua materi yang akan dibahas pada Bab II dan Bab III berdasarkan berbagai teori yang diolah dari literatur yang tercantum dalam Daftar Pustaka. Sedangkan aplikasi web yang disertakan pada Bab IV adalah gagasan dari penulis semata, tanpa maksud mengambil dan/atau meniru hasil karya pihak manapun.

1.6 Sistematika Penulisan

Dalam penulisan tugas akhir ini disusun menjadi 5 bab, yang mana isi dari masing-masing bab adalah sebagai berikut.

BAB I Pendahuluan
Pada bab ini mambahas mengenai gambaran umum dari karya tulis ini, yang berisi latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan, metode pengumpulan data, dan sistematika penulisan karya tulis.

BAB II Landasan Teori
Pada bab ini membahas landasan teori yang berisi tentang semua dasar teori yang untuk selanjutnya digunakan pada bagian pembahasan masalah dan implementasi sistem.

BAB III Analisa dan Perancangan Sistem
Pada bab ini akan membahas mengenai diagram arus data, bagan alir sistem, relasi tabel, perancangan masukan, dan perancangan keluaran.

BAB IV Implementasi dan Pembahasan Program
Pada bab ini menyajikan tahap-tahap implementasi program serta contoh tampilan dari setiap program.

BAB V Penutup
Bab ini berisi kesimpulan dari permasalahan serta beberapa saran pengembangan yang dapat dilakukan dari apa yang telah dihasilkan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi