Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

196. Komputerisasi Pelaksanaan Proyek Di PB. Karya Agung Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah

Dewasa ini kebutuhan akan prasarana-prasarana pembangunan semakin meningkat seiring dengan semakin majunya perkembangan zaman yang pada akhirnya diperlukan pembangunan prasarana tersebut guna mendukung semakin lajunya perkembangan zaman. Maka untuk itulah perusahaan yang bergerak dibidang jasa, berupa pemborong bangunan atau perusahaan kontraktor sangat diperlukan guna memperlancar pembangunan Dengan semakin banyaknya kegiatan yang dilakukan maka akan semakin banyak juga permasalahan yang akan ditimbulkan pula. Suatu kegiatan dimulai dari kegiatan awal perusahaan melakukan pekerjaan persiapan hingga pekerjaan penyelesaian tentu saja akan mengalami berbagai macam kendala-kendala, misal saja, ketika dalam bentuk pelaksanaan pengolahan informasi yang didapat.

Teknologi komputer telah banyak digunakan diperusahaan dan sangat membantu dalam meningkatkan efesiensi dan efektifitas kerja. Komputer beserta perangkat pendukungnya sebagai salah satu hasil dari perkembangan teknologi serta kemampuan sumber daya manusia akan dapat mendukung terselenggaranya proses pengolahan data menjadi suatu informasi yang akurat serta akan dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan.

Seluruh data kegiatan proyek yang dikumpulkan, dianalisa dan diolah dapat saja terjadi kesalahan disaat pengolahan data untuk itulah dibutuhkan
tenaga-tenaga yang terampil agar dapat melakukan pengelolaan secara benar dengan menggunakan sistem komputer.

Komputer diciptakan untuk mengakses data-data maupun proses penghitungan yang memiliki kecepatan kerja serta ketepatan penghitungan yang akurat, maka sangat tepat jika komputer digunakan sebagai alat bantu dalam pelaksanaan suatu proyek yang dikerjakan oleh PB. Karya Agung sendiri.

1.2. Pokok Masalah

Sesuai dengan judul dalam membuat karya tulis ini yaitu Komputerisasi Pengolahan Data Pelaksanaan Proyek di PB. Karya Agung, maka akan diolah data mengenai : data proyek, pekerjaan, material, ahli, detail proyek, harga satuan pekerjaan, transaksi ahli satuan pekerjaan, transaksi material satuan pekerjaan, serta anggaran.


1.3. Batasan Masalah

Berdasarkan data yang diperoleh di PB. Karya Agung yogyakarta adalah sebagai berikut:
1.3.1. Data Proyek
Untuk menampung data proyek yang ditangani kontraktor .
1.3.2. Data Pekerjaan
Untuk menampung data pekerjaan-pekerjaan yang ditangani kontraktor dalam suatu proyek.
1.3.3. Data Material
Untuk menampung data bahan bangunan yang digunakan kontraktor dalam suatu proyek.
1.3.4. Data Ahli
Untuk menampung data ahli yang diperlukan kontraktor dalam menangani proyek.
1.3.5. Data Detail Proyek
Untuk menampung data proyek yang ditangani oleh kontraktor dalam suatu proyek sesuai dengan surat perintah kerja.
1.3.6. Data Harga Satuan Pekerjaan
Untuk menampung data harga satuan pekerjaan.
1.3.7. Data Transaksi Ahli satuan pekerjaan
Untuk menampung data ahli guna perhitungan harga satuan pekerjaan.
1.3.8. Data Transaksi Material satuan pekerjaan
Untuk menampung data bahan material guna perhitungan harga satuan pekerjaan.
1.3.9 Data Anggaran
Untuk menampung data anggaran yang diajukan oleh kontraktor.

1.4. Tujuan Penulisan Karya Tulis

Tujuan dari penulisan karya tulis ini adalah membuat alat bantu berbasis komputer untuk memberikan kemudahan dalam pengolahan data pada setiap pelaksanaan proyek yang dilakukan oleh PB. Karya Agung. Dengan
menggunakan sistem komputerisasi maka informasi yang dibutuhkan dapat tersedia dengan cepat dan akurat, sehingga akan menghasilkan keuntungan juga berupa waktu untuk pengolahan data yang lebih efesien, juga biaya yang dikeluarkan bisa ditekan.

1.5. Metode Pengumpulan Data

Untuk mendukung kelengkapan serta kelancaran dalam meyelesaikan karya tulis ini ada beberapa metode yang digunakan dalam pengumpulan data-data yang diperlukan. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
1. Wawancara
Adalah metode pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengadakan tanya jawab secara langsung untuk memperoleh informasi yang diperlukan.
2. Observasi
Adalah suatu teknik pengumpulan data dengan cara melakukan pengamatan secara langsung pada objek penelitian untuk mendukung penjelasan yang diberikan pada saat wawancara.
3. Studi Literatur
Adalah suatu teknik pengumpulan data dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian sebagai bahan acuan dan landasan dalam penulisan karya tulis ini.

1.6. Sistematika Karya Tulis

Secara garis besar, sistematis karya tulis ini dibagi menjadi lima bab yaitu sebagai berikut :
BAB I PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan karya tulis.
BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini berisi mengenai PB. Karya Agung, meliputi, Tinjauan umum, Lokasi perusahaan, Struktur Organisasi Perusahaan, Proses pelaksanaan proyek, tahap pembuatan laporan dan Bahasa Pemrograman yang digunakan.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Bab ini membahas mengenai Perancangan Sistim, Bagan alir sistim secara keseluruhan, Penjelasan sistem, Perancangan struktur tabel, Relasi Antar Tabel, Perancangan masukan, dan Perancangan keluaran.
BAB IV PELAKSANAAN SISTEM
Bab ini berisi tentang prosedur-prosedur pelaksanaan sistem, spesifikasi program, dan langkah-langkah pengoperasiannya.
BAB V PENUTUP
Bab ini berisi tentang kesimpulan beserta saran-saran yang ada pada Karya Tulis.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi