Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

197. Komputerisasi Pengolahan Data Jeruk Di UD Putra Sidogor Pasar Induk Kramat Jati Jakarta - Timur


BAB I
PENDAHULUAN


1.1 Latar Belakang Masalah

Dengan kemajuan informasi dewasa ini, kebutuhan akan informasi yang akurat akan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga informasi akan menjadi suatu elemen penting dalam perkembangan masyarakat saat ini dan waktu mendatang. Pada perkembangannya arus informasi menjadi semakin cepat, hal ini menyebabkan pola pikir manusia yang semakin kritis sehingga dampaknya adalah peradaban yang akan semakin berkembang dan modern, kualitasnya semakin tinggi dan handal, variasinya semakin banyak, dan presentase kesalahasemakin kecil, sehingga untuk kerjanya menjadi maksimal, serta makin meluas pada sisi kehidupan manusia yang paling mendasar sekalipun.

“PUTRA SIDOGOR” merupakan usaha dagang yang bergerak dalam bidang penjualan dan distributor jeruk. Sampai saat ini “PUTRA SIDOGOR ” dalam melakukan pencatatan baik barang yang masuk ke Gudang maupun barang yang keluar, masih dilakukan dengan cara mencatat atau secara manual. Pencatatan dengan cara manual ini, masih ada kemungkinan terjadinya kesalahan, sehingga akan menyebabkan kerugian bagi pihak pengelola. Untuk itu komputer sebagai salah satu alat bantu pengolah data merupakan sarana yang tepat untuk menangani hal-hal yang bersifat rutin. Dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak diharapkan dapat menangani proses data yang cepat, tepat, dan akurat dalam pengolahan data barang yang masuk dan barang yang keluar di “UD.PUTRA SIDOGOR”.

1.2 Pokok Masalah

Masalah utama yang dibahas dalam karya tulis ini, adalah mengenai transaksi barang masuk ke gudang (dalam hal ini baik barang maupun konsumen) dan transaksi barang yang keluar dalam hal ini transaksi penjualan yang dilakukan oleh “UD.PUTRA SIDOGOR”.

1.3 Batasan Masalah

Dengan banyaknya permasalahan yang ada di “UD.PUTRA SIDOGOR”, maka dalam penulisan karya tulis ini, dibatasi pengolahan data barang yang masuk dan barang yang keluar. Pada jeruk keluar hanya untuk penjualan saja, tidak mempermasalahkan jika ada jeruk yang rusak. Pengolahan data ini meliputi program masukan atau input data, edit data, dan pembuatan laporan-laporan transaksi yang ada di “UD. PUTRA SIDOGOR”.

1.4 Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dengan dibuatnya “KOMPUTERISASI PENGOLAHAN DATA JERUK DI UD.PUTRA SIDOGOR PASAR INDUK KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR” ini, diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen serta dapat meningkatkan kontrol pada pihak manajemen dalam gudang akan kemajuan usaha tersebut. Dimana permasalahan dalam usaha dagang tersebut khususnya dalam pengolahan data barang yang masuk dan barang yang keluar.

1.5 Metode Pengumpulan Data

Pengumpulan data merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung penulisan karya tulis ini. Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penulisan ini adalah sebagai berikut :
1. Metode Wawancara
Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mendukung permasalahan. Wawancara dilakukan dengan tanya jawab langsung pada pihak toko tentang data-data yang dibutuhkan.
2. Metode Observasi
Observasi dilakukan dengan cara mengamati langsung orang-orang yang sedang melakukan kegiatan tertentu di lingkungan kerja.
3. Metode Studi Pustaka
Merupakan metode pengumpulan data dengan cara mempelajari literatur dan segala kepustakaan lainnya yang dianggap perlu dan mendukung.

1.6 Sistematika Karya Tulis

Adapun sistematika penyusunan karya tulis yang disusun ini secara keseluruhan terinci sebagai berikut :


BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini membahas mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, tujuan penulisan karya tulis, metode pengumpulan data, dan sistematika karya tulis.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini diuaraikan tentang tinjauan umum , sejarah berdirinya “UD.PUTRA SIDOGOR”, penjelasan mengenai transaksi penjualan barang, tahap pengolahan data, tahap pembuatan laporan dan penjelasan mengenai pemrograman Delphi.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada bagian ini berisi tentang pengertian sistem, sistem pendukung berupa perangkat keras dan perangkat lunak, struktur database, perancangan tabel, relasi antar tabel , diagram alir sistem, penjelasan sistem, perancangan masukan (input), dan perancangan keluaran (output).
BAB IV IMPLEMENTASI SISTEM
Pada bab ini diuaraikan mengenai cara menjalankan sistem yang ada, sehingga dapat menghasilkan suatu informasi yang sesuai dengan yang diperlukan. Dalam hal ini terdiri dari spesifikasi program, pengenalan tombol kendali, dan cara menjalankan program.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisi mengenai kesimpulan serta saran - saran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi