Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

199. Komputerisasi Penjualan Karcis Kereta Api


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang Masalah

Dengan semakin banyaknya pendatang dari luar Sumatera, khususnya ke Palembang, baik itu yang bertujuan untuk melanjutkan studi maupun hanya sekedar untuk berliburan, maka pemerintah dituntut untuk melakukan peningkatan jumlah dan kualitas dari armada angkutan yang ada, baik itu berupa angkutan darat, angkutan laut maupun angkutan udara. Salah satu perusahan jasa angkutan adalah PT. KERETA API (Persero), yang bergerak dibidang jasa angkutan darat. Semua bentuk jasa angkutan darat harus berada di bawah naungan Departemen Perhubungan, sehingga setiap kali akan didirikan perusahaan angkutan darat, baik berupa penyedia angkutan harus terlebih dahulu didaftarkan kepada Departemen Perhubungan.

PT. KERETA API (Persero) adalah satu dari sekian banyak Perusahaan Angkutan Darat resmi Di bawah Departemen Perhubungan yang berada di Palembang. PT. KERETA API (Persero) melayani penjualan Karcis Kereta Api distasiun Kertapati Palembang untuk tujuan yang dilalui oleh kereta api sampai terakhir di Stasiun Tanjung Karang (Lampung), melalui Stasiun pemberangkatan Kertapati Palembang. Jadi jika seseorang hendak melakukan Perjalanan melalui Stasiun Kertapati Palembang dapat memesan dan membeli Karcis Kereta Api melalui Loket yang telah sediakan di Stasiun Kertapati Palembang.

Saat ini proses Penjualan Karcis di Stasiun Kertapati Palembang masih dilakukan dalam bentuk manual, sehingga untuk melayani pembelian Karcis dalam jumlah yang banyak akan membutuhkan banyak waktu dan tenaga, belum lagi kalau seandainya adanya pembatalan. Untuk mengefisienkan dan memaksimalkan pelayanan Penjualan Karcis di Stasiun Kertapati Palembang ini maka perlu dirancang sebuah sistem komputerisasi yang mampu menangani semua permasalahan tersebut, mulai dari penjualan hingga pembatalan Karcis.

1.2 Pokok Permasalahan

Pokok masalah perlunya dibuat komputerisasi penjualan Karcis di Stasiun Kertapati Palembang adalah karena proses pelayanan di Stasiun Kertapati Palembang masih dilakukan dalam bentuk manual, belum menggunakan komputer sebagai sarana pendukung. Keadaan seperti ini akan sangat membutuhkan banyak tenaga dan waktu yang sangat lama untuk dapat melayani konsumen dalam skala besar, sehingga akhirnya memungkinkan munculnya keluhan konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh PT. KERETA API (Persero) Palembang.

1.3 Batasan Masalah

Banyaknya permasalahan penjualan Karcis kereta api yang terdapat di stasiun kertapati palembang, maka penyusunan karya tulis ini hanya dalam operasinal penjualan karcis kereta api di stasiun kertapati palembang, maka batasan permasalahannya :
1. Mengolah Data Kereta Api.
2. Mengolah Data Tujuan Kereta Api.
3. Mengolah Data Penjadwalan Kereta Api.
4. Mengolah Data Penjualan dan Pembatalan Karcis Kereta Api.
Permasalahan yang diangkat tidak sampai ke masalah kepegawaian, harga karcis tuslah (Libur Hari Raya), harga karcis rombongan, pengangkutan barang dan administrasi yang berlangsung di stasiun kertapati PT. KERETA API (Persero) Palembang.

1.4 Metode Penelitian

Metode pengumpulan data yang digunakan dalam menyusun karya tulis berjudul Komputerisasi Penjualan Karcis Kereta Api Di Stasiun Kertapati Palembang adalah:
1. Metode Interview
Adalah pengumpulan data dengan cara mengajukan dan wawancara langsung dengan yang bersangkutan dengan pihak Pengelola Perusahaan Kereta Api PT. KERETA API (Persero) dan para calon penumpang yang sedang melakukan transaksi pemesanan Karcis Kereta Api.
2. Metode Observasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara mengamati dan mempelajari tentang metode pelayanan yang diterapkan di PT. KERETA API (Persero).

3. Metode Dokumentasi
Adalah metode pengumpulan data dengan cara melihat catatan atau arsip-arsip yang ada di PT. KERETA API (Persero).

1.5 Maksud dan Tujuan

Adapun maksud dan tujuan dari pembuatan aplikasi Komputerisasi Penjualan Karcis Kereta Api Di Stasiun Kertapati Palembang yaitu, untuk membantu para pegawai PT. KERETA API (Persero) dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Dengan demikian diharapkan pelayanan dapat berjalan lebih efisien dan cepat. Selain itu dengan adanya aplikasi komputerisasi ini juga diharapkan dapat memenuhi tuntutan para penumpang terhadap PT. KERETA API (Persero) atas permintaan pembelian Karcis dan informasi keberadaan Karcis untuk tiap jenis tujuan Kereta yang masih merupakan bagian dari pelayanan PT. KERETA API (Persero).

1.6 Sistematika Penulisan Karya Tulis

Adapun sistematika penulisan karya tulis dengan judul Komputerisasi Penjualan Karcis Kereta Api Di Stasiun Kertapati Palembang meliputi beberapa hal sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menguraikan tentang latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Pada bab ini akan menguraikan tentang sejarah singkat berdirinya PT. KERETA API (Persero), sistem pelayanan yang dilaksanakan di perusahaan tersebut, persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon penumpang sebelum melakukan pembelian Karcis serta pembatalan Karcis, teori-teori yang menyangkut perancangan basis data.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Pada bab ini akan menguraikan konsep perancangan sistem basis data yang dibuat, penjelasan sistem, penjelasan struktur tabel yang digunakan, relasi antar tabel, diagram alir sistem, penjelasan diagram alir, perancangan masukan dan keluaran serta sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan.
BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Meliputi penjelasan dan implementasi program. Fungsi tiap unit yang ada dan bagaimana cara menjalankan program tersebut..
BAB V PENUTUP
Meliputi kesimpulan dan saran bagi pengembangan program Komputerisasi Penjualan Karcis Kereta Api Di Stasiun Kertapati Palembang.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi