Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

198. Komputerisasi Pengolahan Data Sirkulasi Buku


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah

Di zaman era globalisasi saat ini, dimana perkembangan teknologi telah berkembang dengan sedemikian pesatnya. Hampir semua aspek kehidupan masyarakat dan bidang ilmu telah terkontaminasi oleh teknologi itu sendiri, sebagai contoh digunakannya peralatan-peralatan berteknologi tinggi dalam bidang kedoktreran, penggunaan komputer dalam bidang geologi dan meterologi untuk mendeteksi dan memperhitungkan kapan akan terjadinya gempa dan perubahan cuaca dan bayak lagi bidang-bidang lainnya. Namun sayangnya, masih kurangnya tenaga-tenaga akhli yang mampu mengoperasikan peralatan-peralatan berteknologi tinggi tersebut sehingga penggunaannya tidak dapat dimaksimalkan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang ada, maka bidang pendidikanlah yang berperan utama dalam mencetak calon-calon tenaga ahli tersebut. Jadi untuk meningkatkan sumber daya manusia yang ada, maka pelayanan bidang pendidikanlah yang terlebih dahulu harus ditingkatkan.

Sekolah sebagai salah satu pelayanan bidang pendidikan formal yang ada harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh murid-muridnya, sehingga dengan semakin mudah para murid dalam mendapatkan informasi yang mereka butuhkan, maka semakin terbukalah peluang terciptanya tenaga-tenaga ahli masa depan. Tempat pertama yang dituju oleh para murid dalam mencari informasi yaitu Perpustakaan Sekolah.

Salah satu hal yang dapat diupayakan dalam meningkatkan pelayanan penyediaan informasi di sekolah yaitu dengan meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah, misalnya dengan menyediakan berbagai referensi buku-buku terbaru, majalah dan surat kabar, atau bisa juga dengan meningkatkan pelayanan kepada para anggota perpustakaan (seluruh unsur di sekolah dapat menjadi anggota) dengan menerapkan sistem komputerisasi dalam proses sirkulasi buku, sehingga dalam melakukan pencarian informasi yang dibutuhkan oleh siswa dapat ditempuh dengan waktu yang seefisien mungkin.

Untuk membantu para pustakawan sekolah dalam meningkatkan pelayanannya maka dirancanglah sebuah aplikasi yang bertema komputerisasi pengolahan data sirkulasi buku ini. Aplikasi ini khusus dirancang untuk digunakan di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta.

1.2. Pokok Masalah

Pokok masalah yang merupakan alasan agar pengolahan data sirkulasi buku di Perpustakaan sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta di komputerisasikan, adalah guna meningkatkan kecepatan dan efisiensi dalam proses pengolahan data dan pelayanan pencarian informasi yang dibutuhkan oleh anggota, di samping itu dengan adanya aplikasi komputerisasi ini penyajian laporan juga dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

1.3. Batasan Masalah

Komputerisasi Pengolahan Data Sirkulasi Buku di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta hanya terbatas pada permasalahan berikut :
1. Proses penerimaan buku di Perpustakaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta per-periode.
2. Informasi koleksi buku yang terdapat di Perpustakaan Sekolah SMUN 1 Sewon Yogyakarta.
3. Proses transaksi peminjaman dan pengembalian buku di Perpustakaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta.
4. Informasi Anggota Perpustakaan Sekolah di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta.

1.4. Maksud dan Tujuan

Dengan adanya Komputerisasi Pengolahan Data Sirkulasi Buku di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta, diharapkan dapat membantu petugas/pustakawan di Perpustakaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta dalam melakukan proses inventarisasi dan peminjaman buku serta penyediaan informasi bagi anggota yang membutuhkannya sehingga pelayanan dapat dilakukan dengan cepat dan efisien.

1.5. Metode Pengumpulan Data

Adapun metode yang diterapkan dalam melakukan pengumpulan data pada Komputerisasi Pengolahan Data Sirkulasi Buku di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta adalah sebagai berikut:
1. Melakukan peninjauan langsung ke Perpustakaan Sekolah di SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta.
2. Menganalisa sistem penginventarisasian dan pelayanan terhadap peminjaman koleksi pustaka yang diterapkan di Perpustakaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogykarta.
3. Wawancara langsung kepada petugas/pustakawan yang bertugas tentang tehnik penginventarisan dan pelayanan peminajaman buku yang diterapkan di Perpustakaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta.

1.6. Sistematika Penulisan

Sistematika yang digunakan dalam penyusunan laporan Karya Tulis ini adalah sebagai berikut:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan mengenai latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan, metode pengumpulan data serta sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai pengertian perpustakaan dan bagaimana operasi pelayanan yang dilakukan di Perpustaskaan Sekolah SMU Negeri 1 Sewon Yogyakarta..
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini akan dijelaskan mengenai perangkat pendukung, perancangan database dan sistem, serta perancangan masukan dan keluaran program.
BAB IV IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini akan dibahas tentang fungsi dari tiap unit program, serta bagaimana cara kerja dari program.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini akan dijelaskan kesimpulan dan saran dari hasil pembahasan dan implementasi yang telah disajikan.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi