Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

210. Aplikasi Bergerak (Mobile Application) Pemandu Wisata Wilayah Malang Raya Berbasis J2me


BAB I
PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang


Ilmu pengetahuan atau juga biasa disebut sains, secara singkat dan sederhana dapat didefinisikan sebagai “Himpunan pengetahuan manusia yang dikumpulkan melalui proses pengkajian secara empirik dan dapat diterima oleh rasio”. Adapun teknologi adalah, “Penerapan konsep ilmiah yang tidak hanya bertujuan menjelaskan gejala-gejala alam untuk tujuan pengertian dan pemahaman”, namun lebih jauh lagi bertujuan memanipulasi faktor-faktor yang terkait dalam gejala-gejala tersebut, untuk mengontrol dan mengarahkan proses yang terjadi. Jadi teknologi disini berfungsi sebagai sarana memberikan kemudahan bagi kehidupan manusia. Dengan kata lain, teknologi adalah “Penerapan sains secara sistematis untuk mempengaruhi dan mengendalikan alam di sekeliling kita dalam suatu proses produktif ekonomis untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat”.

(Ali Anwar Yusuf, 2006: 279-280) Teknologi merupakan penerapan seluruh konsep atau teori yang terdapat di dalam ilmu pengetahuan. Sedangkan peran dan fungsinya merupakan jembatan yang menghubungkan seluruh kekayaan alam dengan kebutuhan manusia scara materiil. Allah SWT telah menciptakan alam semesta beserta seluruh isinya untuk memberikan rangsangan kepada manusia agar ia menggunakan akalnya, berpikir dan merenungkannya. Sehingga dengan melakukan pengamatan, penalaran, dan pengkajian terhadap alam ini manusia mampu melahirkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat. Ayat tersebut menjelaskan bahwa penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang merupakan ayat-ayat atau gejala-gejala yang dapat ditangkap secara simbolik bagi orang-orang yang menggunakan akalnya (ulu albab). Proses penggunaan akal menurut ayat ini dapat melalui dua cara: pertama, melakukan dzikir, yaitu melakukan kontemplasi atau perenungan yang mengarah hanya kepada Allah Sang Pencipta; dan kedua menjadikan seluruh ciptaan Allah sebagai objek berpikir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua itu pasti mempunyai tujuan dan berdaya manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan perkataan lain bahwa Al-Qur‟an tidak hanya memerintahkan kepada manusia untuk berpikir rasional, tapi lebih lanjut memerintahkan umat manusia untuk berpikir fungsional guna melihat manfaat ciptaaan Allah bagi kehidupan umat manusia. (Ali Anwar Yusuf, 2006: 279-280) Salah satu bentuk usaha yang dapat dilakukan adalah melalui proses befikir, mempelajari, dan merenungkan segala bentuk ciptaan-Nya yang ada di muka bumi yang berwujud lingkungan alam hasil kebudayaan yang ada disekitar kita. Untuk mempermudah proses tersebut kita membutuhkan sarana yang berisikan informasi mengenai tempat-tempat yang memiliki kelebihan dan keindahan dari tempat-tempat lainnya, dalam hal ini adalah tempat-tempat wisata baik dalam bentuk keindahan alam dan hasil kebudayaan yang telah dicapai oleh manusia yang semuanya merupakan ciptaan Allah yang ditundukkan untuk manusia supaya menjadikan manusia untuk bersyukur atas karunia yang diberikan-Nya, serta menjaga dan memanfaatkannya. Allah telah memberi petunjuk kepada manusia dengan menciptakan alam semesta yang sedemikian rupa. Segala sesuatu yang ada di langit dan di bumi merupakan karunia ciptaan Allah SWT yang ditujukan kepada manusia untuk menjalankan kehidupannya. Allah telah menciptakan bumi beserta isinya dengan segala manfaatnya untuk manusia. Misalkan tentang penciptaan gunung untuk menopang bumi agar tidak goncang, adanya siang dan malam sebagai petunjuk waktu, sungai yang dialiri air sebagai sumber air bagi manusia, adanya jalan-jalan agar dapat dilakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain serta masih banyak lagi penciptaan alam yang membantu kehidupan manusia.

Ayat diatas menjelaskan bahwa apa yang telah ada di semesta raya ini merupakan petunjuk bagi manusia. Manusia dapat mengamati dan memperhatikan apa yang ada disekitarnya untuk memperolah pengetahuan yang lebih banyak lagi. Pengetahuan-pengetahuan baru yang dihasilkan melalui proses berpikir dan analisa yang baik akan mampu menambah bahkan menciptakan kemudahan baru bagi kepentingan hidup manusia yang sesuai dan tidak bertentangan dengan ayat Al-Qur‟an. Terilhami oleh kemajuan aplikasi mobile dewasa ini yang dalam perkembangannya menggunakan bahasa java yaitu J2ME maka diajukan judul dengan topik “Aplikasi Bergerak (Mobile Application) Pemandu Wisata Wilayah Malang Raya Berbasis J2ME”. Aplikasi ini diharapkan mampu meningkatkan daya tarik wisatawan di wilayah Malang untuk melakukan perjalanan wisata dengan mengandalkan pemandu wisata yang praktis dan mudah.

1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka diperoleh rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana merancang dan membangun aplikasi bergerak (mobile application) pemandu wisata wilayah Malang Raya berbasis J2ME.

1.3 Batasan Masalah
Batasan masalah pada tugas akhir ini antara lain:
a. Objek tempat wisata melingkupi kota Malang.
b. Aplikasi dengan pemandu wisata umum (bukan memandu pada satu objek wisata).
c. Pemanduan wisata berpedoman pada jalan protokol dengan fokus objek wisata, hotel, restoran atau rumah makan, rumah sakit dan pusat perbelanjaan.
d. Menampilkan peta wisata Malang sesuai kapasitas layar.
e. Menunjukkan fasilitas di sekitar objek wisata.

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian
a. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan membangun aplikasi bergerak (mobile application) pemandu wisata wilayah Malang Raya berbasis J2ME.
b. Manfaat Penelitian
Penelitian ini memberikan manfaat khususnya bagi wisatawan yang melakukan perjalanan di wilayah Malang dan memberikan kemudahan dalam melakukan input data oleh admin untuk mengolah data. Serta meningkatkan wawasan dan pengetahuan seiring perkembangan teknologi.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi