Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

211. Monitoring Anak Sungai Brantas Berbasis Mobile Application,Map Dan Pemetaan Di Perum Jasatirta1 Cabang Surabaya


BAB I
PENDAHULUAN


1. Latar Belakang

Teknologi yang berkembang pesat sekarang ini tentunya dapat mempermudah atau memaksimalkan penyampaian informasi dari pihak satu ke pihak yang lain. Salah satu teknologi yang di gunakan untuk penyampaian informasi ini adalah internet. Dengan internet maka setiap informasi dapat di sampaikan dengan mudah dengan persyaratan calon penerima informasi harus bisa atau terhubung ke internet.

Dengan memanfaatkan teknologi internet ini proses pengiriman dan penerimaan data akan menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Salah satu contohnya yaitu dengan memanfaatkan teknologi internet untuk mengirim dan menerima data dengan melalui media handphone dengan memanfaatkan koneksi GPRS.
Data debit air yang di kirimkan ke server akan diolah kedalam bentuk map (peta) yang nantinya hasil pengolahan informasi tersebut dapat di gunakan untuk melihat lokasi atau keberadaan suatu tempat, berikut dengan beberapa informasi yang di milikinya. Misalkan keberadaan dan keadaan suatu pintu air dan beberapa informasi yang di milikinya. Tentunya Informasi ini di sajikan dalam bentuk peta (Map) yang interaktif sehingga akan membuat penerima informasi lebih tertarik dan tidak merasa bosan. Teknologi inilah yang dinamakan dengan Pemetaan.

Melihat dari apa yang bisa di lakukan dengan menggunakan aplikasi handphone dan Pemetaan tersebut. Maka aplikasi Pemetaan ini di rasa sangat membantu Perum Jasa Tirta I Cabang Surabaya dalam mengelola informasi yang akan di sajikan ke dalam bentuk aplikasi Pemetaan yang bisa di akses melalui internet.Sehingga akan mempermudah para petugas Juru Pintu pintu air dan pekerja lainnya dalam mengirimkan informasi ke database pusat dan mengolahnya. Selain itu juga dapat memberikan informasi dengan cepat dan tepat kepada pihak yang membutuhkan informasi tersebut. Sehingga dengan demikian dapat meningkatkan kinerja dari para pekerja di Perum Jasa Tirta I Cabang Surabaya ini.

2. Masalah

Permasalahan-permasalahan yang sekarang terjadi ini terjadi yaitu, sebagai berikut :
a. Pencatatan-pencatatan informasi yang di lakukan di masing-masing pintu air masih dilakukan secara manual atau tidak terkomputerisasi.
b. Sulitnya untuk mengetahui informasi dengan cepat dari masing-masing pintu air karena informasi yang di peroleh masih di catat secara manual dan tidak terpusat.
c. Belum tersedianya informasi tentang keadaan dari tiap-tiap pintu air dalam bentuk gambar.Misalkan informasi tentang foto kerusakan dari pintu air sehingga bisa di tangani dengan cepat.
d. Belum tersedianya penyajian informasi secara menyeluruh dari masing-masing pintu air dalam bentuk map yang bisa di akses dengan mudah dan cepat.

3. Tujuan Penulisan

Dengan melihat permasalahan di atas, maka di rancanglah dan dibangun perangkat lunak berupa Pemetaan dengan berbasis web, dengan tujuan sebagai berikut :
a. Membantu para juru pintu dalam pencatatan informasi tentang pintu air yang di tanganinya.
b. Mengurangi kemungkinan kesalahan yang di lakukan akibat pencatatan secara manual oleh para juru pintu.
c. Mempermudah petugas di pusat cabang dalam mengolah informasi yang di terima dari masing-masing juru pintu pintu air.
d. Mempermudah dalam memperoleh informasi untuk masing-masing pintu air melalui aplikasi Pemetaan yang berbasis web internet.
e. Dengan demikian akan meningkatkan kinerja dari para pekerja di Perum Jasa Tirta I Cabang Surabaya ini.

4. Batasan Permasalahan

Penerapan aplikasi monitoring anak sungai brantas yang berbasis Mobile Application dan Pemetaan ini ditujukan untuk Perum Jasa Tirta I Divisi Surabaya. Dan aplikasi monitoring anak sungai brantas yang berbasis Mobile Application dan Pemetaan ini biasanya diterapkan dalam 1 komputer sebagai server dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan framework CodeIgniter, Ajax dengan menggunakan framework Jquery, framework Google API untuk pengolahan peta-nya dan database server Oracle 10g.

Fasilitas yang di sediakan dalam aplikasi Pemetaan ini setiap juru pintu gunung sari masing-masing pintu air bisa mengirimkan informasinya dan dari pusat cabang langsung mengolah datanya sehingga hasilnya bisa langsung di lihat di website atau aplikasi GIS tersebut.
User yang bisa menggunakan aplikasi ini adalah semua juru pintu di masing-masing pintu air, petugas di pusat cabang dan semua orang yang bisa terhubung dengan internet.

5. Metoda Penelitian

Metode penelitian yang di terapkan dalam penulisan ini tugas akhir ini meliputi:
a. Metode Wawancara ( interview )
Merupakan suatu metode yang digunakan untuk memperoleh data utama dengan cara mengadakan wawancara kepada pimpinan dan staf yang berhubungan dengan tugas akhir ini.
b. Metode Pengamatan ( Field Research )
Yaitu secara langsung mengadakan pengamatan untuk memperoleh informasi yang diperlukan dalam penyusunan laporan tugas akhir ini.
c. Metode Kepustakaan ( Library Reseach )
Mengumpulkan data dengan membaca buku-buku yang relevan untuk membantu di dalam menyelesaikan dan juga untuk melengkapi data yang berhubungan dengan masalah yang dibahas.

6. Sistematika Penulisan

Skripsi ini terbagi dalam 5 (lima) bab, uraian singkat mengenai ini masing-masing bab adalah sebagai berikut :

BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini dibahas mengenai latar belakang pembuatan skripsi, permasalahan yang dihadapi, tujuan yang diharapkan untuk mengatasi permasalahan, batasan-batasan dari masalah yang dibahas, metode perancangan dan sistematika penulisan skripsi.

BAB II LANDASAN TEORI
Merupakan pembahasan tentang teori-teori yang di gunakan yang relevan dengan topik skripsi, dari mulai teori yang bersifat umum, khusus, sampai teori tentang perangkat lunak yang mendukung perancangan dan sistematika penulisan.

BAB III ANALISA MASALAH DAN PERANCANGAN MONITORING ANAK SUNGAI BRANTAS BERBASIS MOBILE APPLICATION, WEB DAN PEMETAAN DI PERUM JASATIRTA1 CABANG SURABAYA
Berisikan uraian tentang analisa masalah, penyelesaian masalah yang di hadapi, analisa aplikasi usulan, metode kerja usulan termasuk di dalamnya flowchart, algoritma program dan struktur data yang digunakan.

BAB IV IMPLEMENTASI
Berisikan uraian tentang bagaimana cara menjalankan program, kelebihan dan kekurangan program serta analisa hasil yang dicapai oleh program yang telah di kembangkan.

BAB V PENUTUP
Berisikan kesimpulan mengenai apa saja yang telah di hasilkan dan saran-saran mengenai sesuatu yang belum terdapat pada skripsi ini.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi