Isikan Kata Kunci Untuk Memudahkan Pencarian

212. Pengolahan Data Penjualan Buku di CV. Andi Offset Yogyakarta


BAB I
PENDAHULUAN



1.1. Latar Belakang Masalah

Kepentingan penjualan buku dalam suatu proses produksi buku adalah tinggi sekali. Karena dengan adanya penjualan buku yang teratur dan terkoordinir maka akan sangat membantu lancarnya proses produksi. Perusahaan akan dapat terus mengadakan produksi buku jika yang diproduksi dapat dijual kepada konsumen.
Penjualan dengan divisi pemasaran juga sangat mempengaruhi kinerja perusahaan, karena inti dari suatu proses produksi adalah agar buku yang diproduksi dapat dipasarkan kepada konsumen. Dari hasil penjualan buku dapat diketahui jenis buku apa yang paling diminati konsumen. Pada langkah selanjutnya perusahaan dapat mengadakan evaluasi untuk memproduksi buku sesuai dengan keinginan pasar.

Dengan adanya fakta bahwa sistem yang ada di Penjualan buku-buku yang ada di wilayah D.I. Yogyakarta belum efisien secara maksimal untuk menunjang kinerja perusahaan dalam penjualan buku dan pelayanan terhadap konsumen, terutama dalam efisien waktu, kecepatan dan ketepatan kerja. Hal lain yang perlu dicermati adalah masalah hubungan dan kesatuan data-data yang ada terutama data-data tentang buku yang ada dan transaksi. Kontrol manajemen perusahaan terhadap buku yang ada merupakan hal penting, bilamana buku-buku yang ada tidak dapat memenuhi semua permintaan, maka kegiatan transaksi akan terhambat dan kegiatan pemasaran menjadi lamban.

Dengan lebih mencermati hubungan dan kesatuan data-data yang ada serta pengolahan data data tersebut diharapkan agar dapat menghasilkan informasi dengan cepat cepat dan akurat. Sehingga dengan sendirinya dapat meningkatkan kegiatan penjualan buku dan pelayanan terhadap konsumen. Sehubungan dengan hal tersebut, perlu adanya system yang lebih baik lagi agar semua kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dapat ditingkatkan lagi.
Dalam hal ini diajukan suatu system yang dapat memberikan solusi dalam mengatasi masalah yang ada khususnya dalam hal kontrol pihak manajemen perusahaan mengenai jumlah transaksi penjualan dan dapat meningkatkan kegiatan penjualan dan pelayanan terhadap konsumen.

1.2. Pokok Masalah

Dalam hal ini akan diusulkan sstem tentang pengolahan data transaksi penjualan buku-buku di CV. Andi Offset Yogyakarta apabila terjadi suatu transaksi penjualan. Dengan demikian kegiatan pelayanan terhadap konsumen dapat lebih ditingkatkan lagi. Selain itu perusahaan dapat lebih mudah apabila igin mengetahui berapa banyak prouuk yang telah terjual dan jenis apa saja yang paling laku di pasarajn.

Dengan adanya sistem yang lebih baik diharapkan akan dapat menghasilkan pelayanan informasi yang cepat, tepat, akurat dan memuaskan sehinggadapat menghemat waktu dan tenaga

1.3. Batasan Masalah

Untuk memusatkan perhatian penulis dalam menganalisa permasalahan, maka pembahasan masalah ditekankan pada pengolahan data buku dan harga buku yang berkaitan dengan transaksi penjualan,dan beberrtapa informasi yang berkaitan dengan data tenaga penjualan(sales) maupun pelanggan yang berada didalam lingkup divisi penjualan buku CV. Andi Offset Yogyakarta.

1.4. Maksud Dan Tujuan

Maksud dan tujuannya adalah dengan dibuatnya Pengolahan data Penjualan Buku di CV. Andi Offset Yogyakarta, diharapkan nantinya meningkatkan pelayan yang lebuih efisien, cepat dan akurat kepada konsumen dan meningkatkan kontrol pihak manajemen akan kemajuan perusahaan.

1.5. Metode Pengumpulan Data
Untuk membantu kelancaran dalam penyusunan karya tulis ini diperlukan data. Adapun data tersebut diperoleh dengan menggunakan beberapa metode antara lain:
1. Wawancara
Yaitu data yang diperoleh langsung terjun ke lokasi dan melakukan tanya jawab dengan pegawai bagian personalia CV Andi Offset Yogyakarta.
2. Observasi
Yaitu pengumpulan data produk yang dijual CV Andi Offset Yogyakarta.
3. Studi kepustakaan
Yaitu pengumpulan data dari membaca karya tulis yang ada di perpustakaan.

1.6. Sistematika Penulisan

Secara garis besar, karya tulis ini dibagi menjadi beberapa bab yaitu:
BAB I PENDAHULUAN
Dalam bab ini diuraikan mengenai tujuan umum, latar belakang masalah, pokok masalah, batasan masalah, maksud dan tujuan penelitian, metode pengumpulan data dan sistematika penulisan.
BAB II LANDASAN TEORI
Dalam bab ini diuraikan tentang sejarah berdirin dan perkembangan CV Andi Offset Yogyakarta, sistem kerja CV Andi Offset Yogyakarta dan pengolahan data dan tahap pembuatan laporan di CV Andi Offset Yogyakarta.
BAB III PERANCANGAN SISTEM
Dalam bab ini berisikan sistem perangkat lunak, sistem perangkat keras, bagan alir, perancangan tabel, perancangan masukan dan perancangan keluaran.
BAB IV MENJALANKAN PROGRAM
Dalam bab ini diuraikan tentang cara menjalankan program, pengisian data, pengendalian data, penghapusan data, menampilkan dan mencetak data.
BAB V PENUTUP
Dalam bab ini berisikan tentang kesimpulan dan saran.
File Selengkapnya.....

Teman KoleksiSkripsi.com

Label

Administrasi Administrasi Negara Administrasi Niaga-Bisnis Administrasi Publik Agama Islam Akhwal Syahsiah Akuntansi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Bimbingan Penyuluhan Islam Biologi Dakwah Ekonomi Ekonomi Akuntansi Ekonomi Dan Studi pembangunan Ekonomi Manajemen Farmasi Filsafat Fisika Fisipol Free Download Skripsi Hukum Hukum Perdata Hukum Pidana Hukum Tata Negara Ilmu Hukum Ilmu Komputer Ilmu Komunikasi IPS Kebidanan Kedokteran Kedokteran - Ilmu Keperawatan - Farmasi - Kesehatan – Gigi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Keperawatan Keperawatan dan Kesehatan Kesehatan Masyarakat Kimia Komputer Akuntansi Manajemen SDM Matematika MIPA Muamalah Olahraga Pendidikan Agama Isalam (PAI) Pendidikan Bahasa Arab Pendidikan Bahasa Indonesia Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan Biologi Pendidikan Ekonomi Pendidikan Fisika Pendidikan Geografi Pendidikan Kimia Pendidikan Matematika Pendidikan Olah Raga Pengembangan Masyarakat Pengembangan SDM Perbandingan Agama Perbandingan Hukum Perhotelan Perpajakan Perpustakaan Pertambangan Pertanian Peternakan PGMI PGSD PPKn Psikologi PTK PTK - Pendidikan Agama Islam Sastra dan Kebudayaan Sejarah Sejarah Islam Sistem Informasi Skripsi Lainnya Sosiologi Statistika Syari'ah Tafsir Hadist Tarbiyah Tata Boga Tata Busana Teknik Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur Teknik Informatika Teknik Komputer Teknik Lingkungan Teknik Mesin Teknik Sipil Teknologi informasi-ilmu komputer-Sistem Informasi Tesis Farmasi Tesis Kedokteran Tips Skripsi